Sukses

Benjolan di Vagina

26 May 2017, 14:13 WIB
Pria, 24 tahun.

Selamat pagi, dok. Saya Karina, usia menginjak 24 tahun. Pagi ini pukul 5 barusan saya mengalami gatal tak tertahankan di bibir vagina. Kemudian saya coba basuh dengan air hangat, gatal itu terasa amat sangat dan ketika saya sentuh ternyata ada semacam benjolan. Rasanya bagai digigit semut dok, dan sangat gatal sekali. Setelah saya selesai membasuh, vagina saya dirasa bengkak. Ada rasa semacam pegal dan kaku di area vagina. Dan hingga kini saya mengertik pertanyaan ini, gatalnya masih terasa. Berawal dari gatal tak tertahankan, kemudian ada semacam benjolan, vagina bengkak, ngilu dan kaku. Ini baru pertama bagi saya dok, bagaimana keadaan saya?

Terima kasih telah bertanya seputar benjolan di vagina menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Untuk pemeriksaan yang lebih lengkap dan komprehensif, sebaiknya diperiksakan ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan.
Ada beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan pada vagina. Berikut ini beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan pada bibir vagina:

  • Gigitan serangga
  • Kista Bartholin/abses kelenjar Bartholin. Kista ini berasal dari kelenjar bartholin yang tersumbat. Setiap wanita memiliki sepasang kelenjar bartholin pada bibir vagina. Kelenjar yang tersumbat menyebabkan munculnya benjolan (kista) dan dapat pula terinfeksi sehingga meradang. Bila sudah radang, maka benjolan akan menjadi nyeri, kemerahan, dan hangat. Bila terdapat nanah kemungkinan sudah menjadi abses/bisul.
  • Fibroma: tumor jinak yang berasal dari jaringan ikat pada bibir vagina
  • Lipoma: tumor jinak yang berasal dari jaringan lemak.
  • Sarkoma: tumor ganas yang berasal dari jaringan ikat.
  • Adenocarcinoma Bartholin: tumor ganas dari kelenjar Bartholin
Pembengkakan kelenjar getah bening. Biasanya disebabkan karena ada infeksi, terutama bila timbul keputihan atau gatal pada vagina.

Untuk membedakannya harus melalui pemeriksaan langsung. Untuk itu saya sarankan Anda memeriksakan diri langsung ke dokter spesialis kulit dan kelamin. Pengobatan yang tepat baru dapat diberikan setelah penegakkan diagnosis lewat pemeriksaan langsung.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan terkait benjolan di vagina. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar