Sukses

Neuropati Perifer

26 May 2017, 14:13 WIB
Pria, 48 tahun.

bagaimana supaya neuropatik hilang

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang Neuropati melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Ketika seseorang menderita neuropati perifer, saraf-saraf di susunan saraf tepi telah rusak. Kerusakan saraf dapat timbul oleh berbagai macam penyebab, seperti bermacam penyakit, cedera fisik, gangguan mekanik saraf (terjepit), keracunan atau malnutrisi (kekurangan vitamin B). Gejala khas dari neuropati adalah berkaitan dengan jenis saraf yang terkena. Jika saraf sensoris yang rusak, gejala umumnya termasuk kebas, kesemutan pada daerah yang terkena, sensasi seperti ditusuk-tusuk, atau nyeri. Nyeri yang berkaitan dengan neuropati dapat cukup kuat dan dapat digambarkan seperti nyeri tusuk, terpotong, terasa remuk, dan rasa terbakar. Pada beberapa kasus rangsangan tidak nyeri dapat diterjemahkan sebagai nyeri yang hebat atau nyeri juga dapat dirasakan bahkan tanpa ada rangsangan. Saat terjadi polineuropati, berarti kerusakan saraf tepi yang terjadi sudah mengenai lebih dari 1 saraf.

Sayangnya, untuk dapat menentukan penanganan dari polineuropati maka tentunya harus diketahui apa penyebab polineuropati itu, sebab polineuropati hanyalah suatu gejala (bukan suatu entitas penyakit). Seperti yang telah dijelaskan di atas, penyebab polineuropati bisa bermacam-macam. Salah satu penyebab yang tersering adalah akibat penyakit diabetes. Apakah Anda menderita penyakit diabetes/ mengonsumsi obat penurun gula darah? Apakah terdapat gejala sering haus, sering lapar, sering terbangun malam hari untuk buang air kecil, terdapat penurunan berat badan drastis, sering lemas? Seperti apakah gejala polineuropati yang Anda rasakan, adakah kebas, nyeri seperti ditusuk, kesemutan? Di bagian tubuh mana Anda mengalami gejala tersebut?

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Neuropati. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar