Sukses

Hidung Mampet Akibat Cuaca Dingin

26 May 2017, 13:11 WIB
Pria, 46 tahun.

Sudah hampir 3 bulan ini saya selalu mengalami hidung buntu dan keluar lendir putih bening berlebihan dari hidung kalau kena hawa dingin (udara ataupun AC) serta kalau ada debu disekitar saya. Terkadang hingga saya sulit bernafas dan harus bernafas melalui mulut hingga hidung benar2 longgar. Beberapa kali saya coba minum obat flu seperti mixagrip untuk beberapa saat bisa enak sudah tidak keluar lendir lagi tapi besoknya masih keluar lagi kalau kena 2 kondisi tadi yaitu dingin dan debu. Apa yang harus saya lakukan dan kira2 saya sakit apa ? Terima Kasih atas bantuannya.

Terima kasih telah bertanya tentang Hidung Mampet Akibat Cuaca Dingin melalui fitur Tanya Dokter.

Dilihat dari keluhannya, kemungkinan Anda memang menderita alergi hidung atau disebut juga rinitis alergi. Gejala lain yang merupakan karakteristik penyakit ini termasuk bersin-bersin berulang, dan mata gatal berair. Proses alergi menyebabkan terjadinya pembengkakan konka nasi (selaput lendir hindung) sementara sehingga menimbulkan sumbatan aliran udara temporer.

Alergi tidak ada obatnya, dan hanya bisa diatasi dengan menghindari alergen. Untuk mengatasi udara dingin, sebaiknya Anda melakukan berbagai cara untuk mencegahnya, seperti menggunakan baju hangat jika keluar di malam hari atau udara dingin, dan menaikkan temperatur AC atau bahkan mematikannya menjelang pagi. Sleian itu juga dapat mencoba minum air hangat tiap pagi. Untuk mengatasi mengurangi gejala alergi biasanya diberikan antihistamin dan dekongestan, namun penggunaannya tidak untuk jangka panjang. Yang terpenting dalam pengendalian alergi adalah menghindari pencetusnya.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan terkait Hidung Mampet Akibat Cuaca Dingin. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar