Sukses

Telinga Berdengung dan Gatal

26 May 2017, 13:12 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok cra mngtasi telinga yg berdengung, gatal dan nyeri gmna ya? Terima kasih!!

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar telinga berdengung dan gatal melalui fitur Tanya Dokter

Keluhan telinga berdengung dalam dunia medis dikenal dengan nama Tinitus. Tinitus sendiri berarti suara berdenging atau berdengung, atau jenis suara lain yang berasal dari kepala atau telinga tanpa keterlibatan sumber eksternal. Tinitus bukanlah penyakit namun suatu gejala dan sebaiknya segera dicari penyebabnya. Terdapat dua jenis tinitus, yaitu yang subjektif dan objektif. Tinitus subjektif berarti tinitus yang hanya dapat didengar oleh penderita sendiri.

Penyebabnya adalah kelainan pada telinga bagian luar, dalam, dan tengah. Tinitus ini juga dapat disebabkan oleh gangguan pada saraf-saraf pendengaran di otak. Sedangkan yang objektif dapat didengar juga oleh dokter yang memeriksa. Tinitus jenis ini jarang ditemukan, dapat disebabkan oleh kelainan pembuluh darah, atau gangguan tulang telinga dalam.

Tinitus seringkali disebabkan oleh kotoran telinga yang teralalu banyak, infeksi telinga tengah dan dalam, dehidrasi, kelainan pembuluh darah, kerusakan sel saraf, dan juga tumor.

Tidak ada obat khusus untuk tinitus, yang paling penting adalah menghilangkan pencetus atau menyembuhkan penyebab. Untuk keluhan telinga mengeras kami menyarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis THT untuk dilakukan pemeriksaan telinga secara lansung dan menyingkirkan kemungkinan penyebab tinitus lainnya. Sementara itu, hindari pajanan suara keras, hindari pencetus tinitus seperti  rokok, dan garam terlalu banyak. Kemudian berolahragalah untuk memperbaiki sirkulasi darah dalam tubuh.


Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar telinga berdengung dan gatal.Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar