Sukses

Mata Bayi Berair dan Belekan

26 May 2017, 10:31 WIB
Wanita, 1996 tahun.

Dok, saya mau tanya Bayi saya semenjak umur 1 minggu matanya sebelah selalu berair sampe sekarang sudah umur hampir 5 bulan belum sembuh juga, kemaren sudah dikasih obat tetes mata sama bidan tapi gak mau sembuh juga , kadang matanya juga ada belekannya, ada gak obat untuk ngobatinya dok, ada pengaruh gak dok lama2 sperti itu , mohon di jawab ya dok , terimakasih

Terima kasih telah bertanya menggunakan fitur  Tanya Dokter KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Mata belekan pada bayi baru lahir merupakan hal yang wajar. Hal ini terjadi karena kelenjar air mata yang kerjanya belum sempurna, di mana katup air mata pada bayi masih tertutup pada saluran air mata yang menghubungkan air mata dengan rongga hidung. Sumbatan ini menyebabkan air mata yang diproduksi oleh kelenjar air mata di sekitar kelopak mata tidak dapat mengalir ke rongga hidung, sehingga menyebabkan genangan di saluran yang terhambat, dan kotoran mata atau belek akan menumpuk pada mata.

Normalnya sebelum anak mencapai usia 7 bulan, saluran air mata dapat terbuka sempurna sehingga kotoran dan air mata dapat mengalir tanpa kendala. Jika karena satu dan lain hal terjadi penyumbatan yang mengakibatkan anak belekan, tindakan yang dapat dilakukan adalah memijat-mijat pangkal hidung anak. melakukan pemijatan lembut menggunakan telunjuk di daerah pangkal hidung ke arah bawah. Pijatan ini berfungsi untuk membantu “membuka” saluran air mata yang tersumbat. Perlu diingat untuk hindari menyentuh mata anak dengan tangan kotor.

Mata kotor atau belekan (mengeluarkan sekret) merupakan salah satu gejala dari kelainan pada konjungtiva mata, berikut adalah penyebab dari kelainan pada konjungtiva mata :

Akibat infeksi virus. Pada kondisi ini mata akan mengeluarkan sekret cair dan terus menerus. Penanganan gangguan mata merah dan belekan yang diakibatkan oleh serangan virus tidak memerlukan antibiotik, mengingat virus tidak dapat dibunuh menggunakan antibiotik. Cara tepat yang dapat dilakukan adalah dengan membersihkan kotoran pada mata bayi dengan menggunakan kapas dan air hangat secara rutin, serta berikan ASI sesering mungkin untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga bayi dapat sehat kembali.
Akibat infeksi bakteri. Pada kondisi ini mata anak akan mengeluarkan sekret purulen atau berwarna kekuningan.
Akibat adenovirus. Pada kondisi ini sekret yang dikeluarkan berupa serosa (tidak terlalu kental).
Akibat alergi atau vernal. Sekret yang dikeluarkan mata akan lengket dan memanjang bila ditarik. Langkah yang paling bijak untuk mengatasi penyebab alergi adalah dengan cara mengindari penyebab alergi tersebut.

?Penanganan mata yang kotor pada mata (belekan) akan disesuaikan dengan penyebabnya. Maka, kami sarankan Anda membawa anak Anda ke dokter spesialis mata untuk pemeriksaan secara langsung. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar