Sukses

Flek Darah Setelah Masa Nifas

26 May 2017, 12:03 WIB
Pria, 37 tahun.

Saya sudah 58 hari hbs melahirkan sesar, tp masih keluar darah wrnanya coklat,paling dalam sehari keluarnya 2 kali, apakah itu darah nifas atau apa dok? Dan apakah itu wajar?

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar flek darah setelah masa nifas melalui fitur Tanya Dokter

Masa nifas adalah 40 hari setelah melahirkan. Munculnya flek darah atau lokia ini terkadang bisa sampai 60 hari pasca operasi.  Ada beberapa faktor yang mempengaruhi perdarahan vagina yang berkelanjutan. Sisa produk kehamilan di dalam rahim, kelainan perdarahan, atau efek samping suntik KB. Perdarahan yang tidak teratur tersebut dapat disebabkan kadar hormon yang belum stabil.

Menyusui ASI juga memperlambat terjadinya stabilisasi ini. Lama keluarnya lokia juga lebih lama pada perempuan yang baru memiliki anak pertama atau dengan bayi yang besar. Untuk mengetahui secara pasti, perlu dilakukan pemeriksaan medis yang lengkap (laboratorium darah, kadar hormon) dan kemungkinan USG. Karena itu konsultasikanlah dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan yang menangani Ibu jika memang flek yang Ibu alami mengkhawatirkan Ibu.


Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar flek darah setelah masa nifas, Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar