Sukses

Kondiloma Pada Vagina

26 May 2017, 12:05 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dokter, sebulan yg lalu saya di diagnosa terkena kondiloma..krna terdapat daging jadi di area vagina sy yg tumbuh lumayan besar, dan juga menyebar kecil2..lalu sy putuskan melakukan laser pada kondiloma trsbt..tp setelah 3 Minggu muncul lg kondiloma tersebut di area yg sama bekas kondiloma yg dahulu..tp tidak terlalu banyak sprti yg dulu, dan juga tidak trllu besar..sy bingung Dok sy harus ky gmn, sy terpukul padahal suami sy sehat..dan dulu sebelum sy menikah sy tidak pernah melakukan hubungan bdn dgn org lain..bagaimana ya dok, apakah sy harus melakukan laser lg? Atau electrocauter yg di bakar? Supaya tidak kambuh dlm waktu yg singkat? Sy mohon penjelasannya dok, sy amat sangat bingung..

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar kondiloma melalui fitur Tanya Dokter

Kondiloma akuminata, merupakan suatu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi Human Papilloma Virus (HPV). Pada sebagian kasus, kutil kelamin ini dapat menghilang dengan sendirinya tanpa pengobatan, namun dapat juga terus tumbuh dan membesar.

Jengger ayam pada kelamin dapat diobati dengan beberapa pilihan pengobatan, antara lain dengan mengoleskan gel, salep atau krim pada jengger ayam tersebut, dengan cryosurgery, dengan laser, bedah kauter atau dengan operasi kecil untuk mengangkat jengger ayam yang berukuran lebih besar. Dengan penanganan yang tepat maka kondiloma akuminata dapat disembuhkan, meskipun sering kambuh.

Podofilin sendiri memang merupakan obat yang berfungsi untuk mencegah pertumbuhan kondiloma dan menghancurkan jaringan kondiloma yang sudah ada. Efeknya memang dapat berupa rasa perih atau seperti terbakar, iritasi dan kemerahan.

Efektivitas penanganan sangat bergantung pada ukuran dan juga metode penanganan. Penanganan dengan gel/salep/krim kemungkinan akan memberikan hasil yang lebih lambat pada ukuran jengger ayam yang lebih besar sehingga bedah merupakan pilihan terbaik untuk kondiloma dengan ukuran yang besar.

Kondiloma akuminata juga merupakan penyakit yang ditularkan lewat hubungan seksual. Walaupun telah menjalani kauter, hal ini tidak menutup kemungkinan adanya kekambuhan kondiloma. Kondiloma bisa saja kambuh kembali. Penyakit ini bisa saja ditularkan ke pasangan apabila kondiloma Anda sedang kambuh.

Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar kondiloma Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar