Sukses

Anak Susah Makan Nasi

24 May 2017, 11:42 WIB
Wanita, 1 tahun.

Dok anak saya sdh 1 thn knp yah ngga bisa mkn nasi tim... saya paksa juga malah dimuntahin atau dia nangis dok... daripada ngga mkn saya lanjutin aja makanan yg serba diblender itu.. tolong dok minta solusinya supaya anak saya tetap tumbuh sehat dan normal

Terima kasih telah bertanya tentang anak susah makan nasi melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluhan Anda mengenai anak susah makan nasi pasti sangat mengganggu Anda.

Sumber karbohidrat tidak hanya nasi saja. Bila anak Anda tidak mau makan nasi, cobalah terlebih dahulu untuk memvariasikan makanan untuk anak. Berikanlah menu baru dengan rasa baru, penyajian yang lebih menarik, dan jangan kapok untuk menawarkannya kepada anak Anda berulang kali meskipun anak sering menolak. Anak akan dapat beradaptasi dengan makanan setelah beberapa kali pemberian.

Bila anak tidak mau nasi bisa diganti dengan roti, makaroni, pasta, bakmi, dll. Penyajian makanan yg menarik juga penting sekali. Jangan campur adukkan makanan. Pisahkan nasi dengan lauk pauknya. Hias dengan aneka warna & bentuk. Jika perlu cetak makanan dg cetakan kue yg lucu.

Kemungkinan lain anak tidak mau makan ialah kenyang makan snack atau terlalu banyak minum susu.

Yang terpenting ialah anak ibu mendapatkan makanan yang bernutrisi lengkap yang mengandung karbohidrat (nasi, roti, mie, oatmeal), sayuran, buah, protein (daging sapi, ayam, ikan, udang, telur, tahu, tempe), susu dan produk susu (yogurt, butter). Anak usia 1 tahun masih dalam tahap pertumbuhan dan perkembangan yang kritis sehingga perlu dijaga asupan nutrisinya.

Anak usia 1 tahun sedang aktif-aktifnya untuk bermain dan mempelajari sekitarnya. Cobalah buat susasana menyebnangkan saat makan. Yang perlu diingat baik-baik oleh setiap orangtua adalah seberapapun anak susah makan, ia tidak akan membiarkan dirinya kelaparan. Artinya, begitu ia kelaparan, maka ia akan makan. Tetap kreatif mengolah & menyajikan makanan, bina komunikasi yang baik, terus belajar menjadi orangtua & memahami kondisi anak, serta bersabar.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan mengenai anak susah makan nasi. Semoga bermanfaat. Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar