Sukses

Darah Menstruasi Sedikit dan Sebentar

24 May 2017, 11:42 WIB
Pria, 22 tahun.

Sore dok ini saya lila Sya mau tnya soal haid Saya kemrin haid dn kluar darah sdikit hbis itu kok mlamny lngsung brbh mnjdi flek hitam Lngsung bsok ny gk kluar lagi Itu knpa ya dok ap msih normal tsu gimana

Terima kasih telah bertanya tentang darah menstruasi sedikit dan sebentar melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluhan Anda mengenai darah menstruasi sedikit dan sebentar pasti sangat mengganggu Anda.

Gangguan menstruasi dapat bermacam-macam, mulai dari darah menstruasi sedikit atau malah banyak. Selain itu, gangguan menstruasi juga bisa berkisar antara banyak siklus menstruasi yang terjadi. Berikut sedikit penjelasan siklus menstruasi yang normal.

Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, dengan lama keluarnya darah menstruasi berlangsung selama 2-7 hari. Menstruasi yang tidak teratur biasanya terjadi akibat adanya gangguan keseimbangan hormonal.

Gangguan hormon sering terjadi pada 3-5 tahun pertama setelah menstruasi pertama ataupun beberapa tahun menjelang terjadinya menopause. Pada masa-masa itu merupakan variasi normal yang terjadi karena kurang baiknya koordinasi hormonal pada awal terjadinya menstruasi pertama dan menjelang terjadinya menopause, sehingga timbul gangguan keseimbaangan hormon dalam tubuh.

Disamping itu, menstruasi yang tidak teratur dapat juga terjadi pada :

1. Gangguan indung telur, misal: Sindrom Polikistik Ovarium (PCOS)
2. Stress dan depresi
3. Sakit kronik
4. Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)
5. Penurunan berat badan berlebihan
6. Olahraga berlebihan, misal atlit
7. Adanya tumor yang melepaskan estrogen
8. Adanya kelainan pada struktur rahim atau serviks yang menghambat pengeluaran darah menstruasi
9. Penggunaan obat-obatan tertentu
10. dsb

Menstruasi Anda masih tergolong normal walaupun hanya 2 hari. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mengetahui penyebab dari keluhan Anda. Sebaiknya, Anda jangan terlalu khawatir.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan mengenai darah menstruasi sedikit dan sebentar. Semoga bermanfaat. Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar