Sukses

Interpretasi Hasil Laboratorium

26 May 2017, 09:01 WIB
Pria, 25 tahun.

Dok saya mau bertanya Hasil tes darah lab.ku menunjukan Leukosit 12 MCV 79 Eosinofil 1.6 Nitrofil 72.2 Limfosit 18.7 Ureum 15.7 Dan SGPT 48 kira2 saya kena penyakit ap ya dok Saya terkadang lemas tapi nanti hilang Trs rasanya cemas

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Hasil yang pertama (12) apakah itu benar Leukosit atau kadar Hemoglobin (Hb)? Jika ini benar Leukosit hasilnya lebih dari normal (batas atas 10). Peningkatan ini biasanya akibat infeksi bakteri. Sedangkan bila itu Hemoglobin, bagi Anda seorang pria, kadar Hb 12 cenderung rendah (anemia).

Untuk kadar lain-lain yang disebutkan relatif dalam batas normal kecuali SGPT yang agak meningkat. SGPT yang sedikit meningkat bisa terjadi pada kasus infeksi.

Sulit bagi kami untuk menentukan penyebab kondisi Anda tanpa deskripsi gejala yang jelas. Sebab, kami lebih melihat gejala dan tanda yang nampak ketimbang hasil laboratorium untuk menentukan suatu diagnosis. Hasil laboratorium hanya bersifat sebagai penunjang.

Saran kami, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter agar dapat ditentukan penyebabnya dengan tepat. Dengan demikian, penanganannya pun akan terarah.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

1 Komentar

  • Ari**

    iya itu leukosit.....bukan hemoglobin .... infeksi bakteri atau infeksi virus ya,dok ?