Sukses

Kulit Kepala Mengelupas dan Gatal

26 May 2017, 10:30 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok, kalau kulit kepala sering mengelupas dan terasa gatal bagaimana cara menyembuhkannya ya? Di sela jari kelingking saya juga gatal dan terkelupas

Terima kasih telah bertanya mengenai kulit kepala mengelupas dan gatal melalui fitur Tanya Dokter
Halo,

Lapisan epidermis kulit kepala secara rutin akan berganti. Pada kebanyakan orang, pengelupasan kulit kepala atau penggantian lapisan epidermis ini tidak terlihat. Namun terdapat beberapa kondisi dimana turnover sel atau pergantian sel tidak seperti biasanya atau sangat cepat. Untuk orang dengan ketombe, pergantian sel berlangsung dalam 2-7 hari, sementara bagi orang normal pergantian sel membutuhkan waktu 1 bulan. Hal ini mengakibatkan kulit kepala menjadi berminyak, berketombe dengan lapisan yang putih atau keabu-abuan. Kemungkinan kulit kepala mengelupas yang Anda alami cukup dikenal di awam dengan istilah ketombe.

Ketombe dapat disebabkan oleh kulit kepala berminyak dan hasil produk dari jamur. Kulit kepala Anda terasa perih dikarenakan Anda menggaruk terlalu keras sehingga terjadi perlukaan di kulit kepala. Sebaiknya Anda mencoba sampo untuk ketombe seperti selenium sulfid (selsun) atau sampo yang mengandung ketokonazol. Setelah rambut dibasahi dan dioleskan sampo, diamkan selama 2-5 menit, setelah itu bilas. Apabila masih juga mengelupas, saya sarankan agar Anda berobat ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk penanganan lebih lanjut. Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai kulit kepala mengelupas dan gatal . Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar