Sukses

Sesak Saat Minum Antibiotik

24 May 2017, 15:35 WIB
Pria, 55 tahun.

Halo Dokter, Ibu saya 55 tahun beberapa waktu lalu ibu saya keluar darah seperti dahak, tapi paru paru sudah dicek semua baik, lambung sudah diendoskopi juga baik tapi hasil tes feses ada bakteri, jadi diharuskan minum antibiotik. Masalahnya setelah minum antibiotik ibu saya malah merasa badannya lemas, sesak dan perutnya perih. Sudah kembali cek, katanya kalau tidak kuat minum antibiotik harus lewat infus. Apakah ada solusi lainnya? Terima kasih

Terima kasih telah bertanya seputar reaksi obat melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan mengenai efek samping obat yang dirasa kurang nyaman. Bila terjadi reaksi obat yang tidak diinginkan, maka sebelumnya kita harus mengetahui apakah reaksi alergi obat yang dianggap mengkhawatirkan, yaitu:

  • Rasa gatal di daerah tertentu atau menyeluruh yang disertai dengan kelainan kulit, seperti bentol, kemerahan, dan kulit yang melepuh.
  • Bengkak, misalnya pada mata, bibir, atau wajah.
  • Batuk dan sesak napas.
  • Mual dan muntah
  • Tekanan darah menurun
  • Pingsan/penurunan kesadaran
  • Demam

Keluhan yang ibunda Anda rasakan bisa disebabkan reaksi obat. Bila terjadi hal-hal seperti diatas maka lebih baik untuk menghentikan sementara obat-obatan yang dikonsumsi. Untuk keputusan pemberian obat melalui infus, hal tersebut memang merupakan salah satu solusi bila memang obat yang digunakan memberikan reaksi pada lambung. Sebaiknya Anda mematuhi nasihat dokter yang merawat karena dokter akan memberikan pengobatan terbaik untuk kesembuhan pasiennya. 

Demikian informasi yang dapat disampaikan seputar reaksi obat. Semoga bermanfaat. Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar