Sukses

Bintik-bintik bewarna putih, apa ya penyebabnya?

26 May 2017, 09:15 WIB
Pria, 19 tahun.

dokter,saya pernah mengalami awalnya mata saya ada sesuatu bintik-bintik berwarna putih yang mengahalangi pandangan saya dan setelah beberapa jam saat ituh mata saya seperti ada yg benjol dibagian kelopak mata saya dan saat ituh juga mata saya mengeluarkan cairan berwarna putih da dikelopak mata saya seperti ada cairan yang menggumpal seperti daging yg akan keluar,tolong dibantu dok terima kasih

dr. Aldo Ferly

Dijawab Oleh:

dr. Aldo Ferly

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi di Klikdokter.

Agak sulit bagi kami untuk memastikan penyebab gangguan mata Anda tanpa memeriksa secara langsung keadaan mata Anda. Kami tentunya tidak dapat melakukan pemeriksaan fisik dalam konsultasi ini. Keluhan Anda memang paling baik diketahui dengan pemeriksaan fisik langsung.

Apakah yang anda maksud bintik-bintik putih ini adalah pada bagian putih mata/sklera? apakah terdapat keluhan lain yang mengganggu?

Bagian dari mata yang berwarna putih disebut sklera, bagian tersebut menjadi berwaran putih akibat dari jaringan ikat berwarna opak dan kolagen yang membuatnya berwarna putih. Pada bayi terkadang sklera dapat berwarna sedikit kebiruan akibat pigmen yang terdapat di belakangnya, dan pada usia tua terkadang dapat bewarna kekuningan akibat deposit lemak.

Kelainan pada sklera yang perlu dikhawatirkan adalah bila terjadi perubahan warna berupa timbulnya warna biru atau kehitaman pada bagian putih yang dapat menandakan suatu penyakit yang cukup berbahaya atau timbulnya warna kuning yang dapat menandakan adanya penyakit hati. Selain masalah pada sklera ini, masalah benjolan pada mata yang dikenal dengan nama hordeolum juga dapat menyebabkan kondisi ini. Perlu diperiksakan oleh dokter ya untuk mendapatkan hasil yang terbaik

Coba konsumsi banyak sayur dan buah, vitamin, air putih dalam jumlah yang cukup dan hindari paparan sinar matahari serta debu/polusi, Anda dapat menggunakan kacamata hitam atau topi bila matahari terlalu terik.

Jika terjadi iritasi, gunakanlah obat tetes mata yang dijual bebas. Jika Anda masih merasakan keluhan tersebut mengganggu segeralah menemui dokter mata untuk mendapatkan penanganan yang optimal sesuai dengan diagnosis yang ditegakkan dokter.

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan, semoga bermanfaat

Salam

    0 Komentar

    Belum ada komentar