Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

Kontrasepsi Darurat Bisa Cegah Kehamilan?

26 May 2017, 08:22 WIB
Wanita, 25 tahun.

Hai Dok. Saya pengantin baru dan belum berniat mempunyai anak dalam waktu dekat ini. Hari minggu (7 Mei 2017) saya melakukan hubungan suami istri menggunakan kondom, namun ketika dilihat ternyata kondom tsb terlepas dan tertinggal di vagina saya. Suami langsung mengambilnya dan membuangnya. Sy lihat, spermanya sudah tumpah di atas perutnya. Kemudian krn merasa was-was, sy membeli dan meminum Postinor 2 tetapi 30 jam kemudian. Yang ingin ditanyakan, apakah saya akan hamil? Kemudian adakah pengaruh pil Postinor dengan siklus menstruasi?

Terimakasih telah bertanya seputar kontrasepsi darurat melalui fitur Tanya Dokter.

Yang Anda konsumsi adalah kontrasepsi darurat. Kontrasepsi ini hanya efektif jika digunakan dalam 72 jam setelah hubungan intim tanpa perlindungan. Anda menggunakannya 30 jam setelah berhubungan intim. Dengan begitu, seharusnya kehamilan dapat dicegah.

Perlu diingat bahwa kontrasepsi ini tidak dapat “menggagalkan” kehamilan yang sudah terjadi, namun hanya dapat berfungsi untuk mencegah sebelum kehamilan itu terjadi.

Postinor umumnya tidak mengganggu siklus haid. Haid Anda akan tetap berjalan seperti biasa, bisa lebih cepat atau lebih lambat sedikit. Bila haid terlambat 1 minggu, atau hanya flek-flek ringan saja, segera lakukan test pack. Bila haid Anda terlambat hingga 3 minggu dari waktu menggunakan Postinor, kemungkinan Anda hamil.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar kontrasepsi darurat. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar