Sukses

Vagina Terasa Nyeri Menjelang Haid

26 May 2017, 02:06 WIB
Wanita, 18 tahun.

Dok saya mau tanya, berbahayakah jika saat akan haid vagina terasa nyeri seperti pada saat buang air kecil dan BAB. Biasanya rasa nyari tersebut saya rasakan 1hari sebelum haid dan sudah berlangsung lama.

Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terimakasih telah bertanya tentang vagina nyeri melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Apakah Anda juga mengalami nyeri perut bawah menjelang haid? Vagina yang nyeri menjelang haid bisa disebabkan karena adanya infeksi yang biasanya ditandai dengan keputihan. (Baca: Keputihan dan Cara Mengatasinya) Namun, bisa juga disebakan karena deep infiltrating endometriosis. Endometriosis atau yang sering disebut dengan kista coklat merupakan kista yang tumbuh pada permukaan ovarium (indung telur). Kista coklat ini menyerang bagian dalam ovarium membentuk kantung yang berisi darah. Kista ini disebut sebagai kista coklat karena terdapat penumpukan darah berwarna merah kecoklatan hingga gelap. Ukuran kista coklat sebesar kacang dan bisa tumbuh lebih besar dari buah anggur. Jika meluas bisa menyusup ke dinding sekitar vagina dan menyebabkan nyeri.

Untuk memastikan apa yang Anda alami sebaiknya berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter kebidanan dan melakukan USG kandungan.

Baca juga: Nyeri Haid Tidak Wajar.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar vagina nyeri. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar