Sukses

Penyakit Jantung Bawaan

26 May 2017, 03:12 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok slama sy hamil pd tahun 2016 ,pemeriksaan usg ank sy divonis mmpunyai kelainan jantung bawaan, tgl 18 bln 11 2016 sy melahirkan secar, 1 bln 9 hari sy msh bsa merawat ank sy, tp tuhan berkehendak lain, karna penyakit tersebut, skrng operasi sy sdh. Melewati 4 bln, sy pengen banget dok hamil lg, tp sy takut dok, ank ke 2 sy sma sprti ank pertama, dok, pertanyaan sya, apakah sy bisa hamil lg? Dan apakah ank ke 2 sy jg nnti sprti ank pertama sy..,? Mohon penjelasannya dok...trims

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk bertanya tentang penyakit jantung bawaan pada anak.

Penyakit jantung bawaan (PJB) adalah kelainan struktur jantung yang muncul sejak lahir dan terjadi sejak janin di dalam kandungan. Kelainan tersebut terjadi akibat jantung atau pembuluh darah disekitarnya tidak berkembang dengan sempurna dan/atau akibat kelainan posisi jantung dan pembuluh darah di sekitarnya. Bagaimana dengan anak Anda apa jenis PJB yang dideritanya?

Hingga saat ini penelitian masih terus dilakukan untuk mengetahui penyebab PJB. Meskipun dipikirkan bahwa genetik atau faktor keturunan berperan menimbulkan kelainan jantung, hanya beberapa gen yang ditemukan berhubungan dengan kelainan jantung. Konsumsi obat-obatan dan infeksi saat kehamilan dapat menyebabkan kelainan jantung. Pengaruh lingkungan seperti merokok juga mempengaruhi timbulnya kelainan jantung. Berikut adalah beberapa faktor risiko PJB:

  1. Riwayat Keluarga: Memiliki anak dengan riwayat PJB sebelumnya meningkatkan risiko 1-5% untuk memiliki anak berikutnya dengan PJB. Riwayat ibu dan ayah dengan PJB juga meningkatkan risiko anak lahir dengan PJB.
  2. Kelainan Genetik: Beberapa kelainan genetik (kromosom) seperti sindroma Down, DiGeorge, Allagile, Williams dan Noonan menyebabkan kelainan pada jantung dan organ tubuh lainnya. Tes genetika dapat dilakukan untuk mendeteksi adanya sindroma Down saat janin masih di dalam kandungan. Komunikasikan kepada dokter yang menangani Anda jika Anda memiliki anak dengan sindroma tertentu sehingga dapat dilakukan pengecekan terhadap janin yang Anda kandung berikutnya.
    Konsumsi Obat-obatan: Beberapa obat-obatan yang dikonsumsi saat hamil dapat menyebabkan gangguan pada
  3. kehamilan termasuk kelainan jantung bawaan. Obat-obatan yang meningkatkan risiko PJB antara lain thalidomide, pengobatan untuk jerawat yang mengandung isotretinoin, lithium dan obat anti kejang yang mengandung asam valproate.
  4. Faktor Lingkungan: merokok dan mengkonsumsi alkohol saat hamil meningkatkan risiko kelainan jantung bawaan pada janin.
  5. Infeksi Pada Kehamilan: Infeksi rubella saat kehamilan dapat menyebabkan gangguan perkembangan jantung janin. Sebaiknya bagi perempuan yang ingin merencanakan kehamilan dapat melakukan pemeriksaan terhadap virus tersebut dan melakukan vaksin MMR (mumps, measles, rubella) sebelum menikah untuk mencegah terjangkit rubella saat hamil.
  6. Diabetes: Memiliki riwayat diabetes sebelum kehamilan dan tidak terkontrol dapat menyebabkan gangguan perkembangan jantung janin.

Kami sarankan Anda dan pasangan senantiasa berkonsultasi dengan dokter saat merencanakan kehamilan berikutnya, serta rutin memeriksakan diri selama kehamilan. 

Demikian informasi tentang penyakit jantung bawaan pada anak. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar