Sukses

IUD dan Haid Tidak Teratur

26 May 2017, 02:06 WIB
Wanita, 29 tahun.

Dok saya mau tanya...saya pasang IUD dr bulan oktober 2016...telah pemasangan iud haid saya cm dikit2 dan kisaran5-7hr...setelan bbrp bulan mnjd lebih lancar (siklusnya 1-2mngguan haidnya menjadi lebih banyak...katanya sih sprti itu jika pakai iud) lalu haid bulan februari saya terasa sangat sakit bahkan saat selesai haid msh sakit...penasaran akhirnya melakukan usg dan dokter menyatakan ada kista ovarium sbsar 4cm...tp dr februari sampai april haid teratur tiap bulan dtg kisaran tgl19/20...bulan april kmrn haid keluar tgl 19 saya pakai pembalut siangnya malah ga keluar alhsil saya ga pakai dan sprti biasa lalu tgl 21 keluar lagi dan normal (banyak dan hampir semingguan) tp setelah haid selesai saya melakukan hub.intim gak taunya malah msh ngeflek kaya keputihan tp wrn coklat itu terjadi sekitar 3harian...lalu awal2 mei saya kontrol iud dan kista...iud posisi bagus dan kista mengecil jd 2cm...namun kok skrg saya belom dtg haid saya tunggu dr pas prtma keluar bulan april tgl 19...apa penyebabnya apa krn berhubungan saat ada fleknya itu..atau krn iud memang saya belom tespeck krn blm ada seminggu...tp tiap bulan dr januari itu blm pernah telat siih...kalau dl sblm pasang iud memang haid saya kadang maju kadang mundur...mohon penjelasannya dokter....terimakasih sebelumnya.

Terimakasih telah bertanya mengenai haid yang tidak teratur melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

IUD baik ada maupun tidak (sudah dilepas) tidak akan mempengaruhi siklus haid. Jika haid terlambat atau menjadi tidak teratur setelah lepas IUD, kemungkinan disebabkan oleh hal-hal berikut:

  • Perubahan berat badan (baik peningkatan/penurunan BB) yang drastis
  • Exercise berlebihan
  • Crash diet
  • Merokok, minum alkohol, minum kopi berlebihan
  • Menggunakan obat-obatan tertentu (hormon, kemoterapi, obat psikotik)
  • Stress psikologis
  • Penyakit kandungan (sindrom ovarium polikistik, myoma uteri, polip rahim, kista rahim, endometriosis)
  • Penyakit lainnya seperti gangguan tiroid

Pada kasus Anda, gangguan haid yang dialami disebabkan oleh gangguan hormonal yang juga menyebabkan kista ovarium. Perlu dipastikan apakah kista ovarium ini bersifat tunggal atau multipel. Bila multipel, kemungkinan Anda mengalami sindrom ovarium polikistik yang merupakan salah satu penyakit tersering yang membuat haid tidak teratur pada wanita.

Selengkapnya: 6 Penyebab Haid Tidak Teratur.

Sebaiknya Anda kontrol ulang dengan dokter yang merawat bila haid tak kunjung datang. Bila Anda curiga hamil, silakan melakukan test pack.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar haid yang tidak teratur. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar