Sukses

Cara Menaikkan Berat Badan Saat Hamil

26 May 2017, 02:07 WIB
Pria, 28 tahun.

Dok sy hmil 31 weeks Dgn bb hnya 53kg sdngkan tnggi bdan 163cm. Saat usg blan lalu berat janin normal tpi bb sy di bwah rata2.. Apakah itu normal? Dan mknan apa sja yg cpat mnaikan bb ibu hamil yaa dok? Trima kasih

Terimakasih telah bertanya tentang berat badan ibu hamil melalui fitur Tanya Dokter.

Selamat atas kehamilan Anda! 

Menurut Institute of Medicines (IOM) Amerika Serikat, anjuran kenaikan berat badan dilihat berdasarkan kondisi status gizi wanita tersebut sebelum hamil.

  • Apabila sebelum hamil memiliki status gizi berat badan kurang ( IMT < 18.5 kg/m2) maka kenaikan berat badan yang dianjurkan adalah 12.5-18 kg
  • Apabila sebelum hamil memiliki status gizi berat badan normal ( IMT 18.5 kg/m2-24.9 kg/m2) maka kenaikan berat badan yang dianjurkan adalah sekitar 11.5-16 kg
  • Apabila sebelum hamil memilki status berat badan berlebih (IMT 25 kg/m2-29.9 kg/m2) maka kenaikan berat badan yang dianjurkan adalah 7-11.5 kg
  • Apabila sebelum hamil memiliki status gizi berat badan sangat berlebih (IMT >30 kg/m2) maka kenaikan berat badan yang dianjurkan adalah 5-9 kg.

Dari deskripsi Anda, sepertinya berat badan Anda sebelum hamil tergolong kurang sehingga Anda dianjurkan mengalami peningkatan berat badan hingga 18-20 kg. Bila berat janin Anda saat ini normal, itu baik adanya. Namun demikian, tetap dianjurkan agar berat badan ibu juga sesuai dengan pola yang normal.

Anjuran peningkatan berat badan per trimester kehamilan adalah sebagai berikut:

  • Trimester I : 1-2,5 kg/3 bulan
  • Trimester II : pertambahan berat badan rata-rata 0,35 – 0,4 kg/minggu.
  • Trimester III: pertambahan BB 1 kg/bulan. Namun pada trimester ini penambahan BB janin rata-rata 200 gram/minggu. Mulai minggu ke-28 hingga akhir kehamilan, BB Anda akan bertambah sebanyak 4-5 kg.

Cara-cara berikut dapat Anda lakukan untuk menambah berat badan:

  1. Konsumsi susu ibu hamil yang padat kalori.
  2. Makan lebih sering. Pada saat Anda masih underweight, akan cenderung cepat kenyang. Karena itu, makanlah lebih sering 5-6x sehari dengan porsi kecil dibandingkan makan dengan porsi besar 2-3x sehari.
  3. Pilih karbohidrat yang kaya nutrisi. Pilih roti gandum yang kaya vitamin B dan sereal/biji-bijian seperti oatmeal/havermut, banyak makan buah dan sayur.
  4. Makan banyak sumber protein. Sumber protein seperti daging merah, ayam, ikan, telur,  dairy products seperti keju dan susu full cream, serta kacang-kacangan. Produk suplemen yang mengandung protein whey juga dapat membantu.
  5. Minumlah smoothies/shakes/yoghurt (dari susu/buah). Hindari konsumsi minuman kemasan yang tinggi kalori namun tidak ada kandungan gizinya.
  6. Perbanyak snack berkalori tinggi. Snack yang dianjurkan seperti keju, buah-buah berkalori tinggi (alpukat, pisang, mangga), ubi manis, roti dengan selai, yoghurt.
  7. Tetap batasi konsumsi gula tambahan dan lemak. Sekalipun Anda underweight, tetap batasi konsumsi gula tambahan dari gula pasir, minuman kemasan dan makanan siap saji lainnya.
  8. Makanlah protein terlebih dahulu sedangkan sayur terakhir. Jika terdapat berbagai jenis makanan di piring Anda, makan terlebih dahulu yang padat kalori dan tinggi protein. Makanlah sayur terakhir, sebab sayur membuat Anda cepat kenyang.
  9. Olahraga. Olahraga akan membantu meningkatkan BB Anda, dengan membentuk otot. Olahraga juga akan meningkatkan nafsu makan Anda.
  10. Pastikan tidur Anda berkualitas. Kualitas tidur yang baik sangat penting untuk pertumbuhan otot Anda.

Kami sertakan pula beberapa artikel terkait gizi ibu hamil untuk Anda baca:

Terkait olahraga selama kehamilan bisa Anda baca di sini:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar berat badan ibu hamil. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam, 
Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar