Sukses

Cairan Mirip Sperma Setelah BAK, Normalkah?

26 May 2017, 02:07 WIB
Pria, 24 tahun.

Dok..normal atau aman g trkadang di akhir kencing kluar kaya sperma tp bukan.. bulet2 transparan

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Untuk memastikan apa yang menjadi penyebab keluarnya cairan mirip sperma setelah berkemih, kami perlu bertanya lebih lanjut. Apakah ada nyeri saat Anda berkemih, apakah ada keluhan lain seperti rasa panas atau dorongan untuk sering berkemih?

Cairan sperma mengandung sel sperma, fruktosa dan zat-zat lain yang berasal dari vesikula seminalis dan kelenjar prostat.

Dalam kondisi normal, pengeluaran cairan sperma terjadi saat laki-laki terangsang secara seksual. Cairan ini bersifat pelumas sebelum ejakulasi. Selain itu, pada pria yang belum disunat, dapat terjadi penumpukan smegma di kulup (frenulum) penis dan bergabung dengan cairan pelumas ini, sehingga dapat terlihat bercak putih.

Bila kondisi tidak normal, cairan keluar saat tidak ada rangsangan seksual. Cairan dapat bersifat putih kehijauan atau bening. Keluarnya cairan yang patologis dapat disebabkan oleh infeksi menular seksual ataupun infeksi saluran kemih. Biasanya selain keluhan keluarnya cairan dari kemaluan juga disertai dengan keluhan nyeri saat berkemih, perasaan tidak tuntas saat berkemih, dan sering berkemih/anyang-anyangan. Di samping itu, bila terdapat peradangan atau infeksi kelenjar prostat, juga dapat keluar cairan mirip sperma.

Kadangkala, ketika tubuh sedang tidak fit dan mengalami kelelahan, juga dapat keluar cairan mirip sperma tanpa ada rangsangan apapun.

Saran kami, bila ini terjadi lebih dari 3 hari sebaiknya konsultasikan dengan dokter urologi agar diketahui apa penyebabnya. Apakah itu merupakan hal yang normal saja atau ada kondisi yang mendasari seperti infeksi saluran kemih atau infeksi prostat.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (FA)

Salam,
Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar