Sukses

Kadar Kolesterol Tinggi pada Ibu Menyusui, Normalkah?

26 May 2017, 01:29 WIB
Wanita, 22 tahun.

Selamat siang dok. Saya mau tanya. Sya ibu menyusui anak sya baru berumur 6 bulan Sya sering mengalami sakit kepala setelah saya periksa trnyata kolestrol sya tinggi Apakah tidak apa apa ibu mnyusui pnya kolestrol tinggi Saya coba untuk tdk makan bnyak tetapi tidk bisa dok karna anak saya kuat asi nya. Bagaimna dok untuk solusi nya. Terimkasih

Terimakasih telah bertanya mengenai kolesterol tinggi saat menyusui melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelumnya, kami ingin mengkonfirmasi terlebih dulu, yang Anda maksud kadar kolesterol tinggi apakah kadar kolesterol totalnya? Jika ya, perlu dilakukan pemeriksaan lanjutan yang mencakup kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan HDL (kolesterol baik). Pada ibu hamil dan menyusui, kadar kolesterol total kerap tinggi akibat peningkatan HDL. Bila ini yang terjadi, tidak ada yang perlu dicemaskan. Ini merupakan peningkatan normal karena hormon wanita mempengaruhi HDL.

Bila karena LDL yang meningkat, hingga kini belum ada rekomendasi yang menganjurkan bagi ibu hamil dan menyusui untuk mengkonsumsi obat penurun kolesterol. Ini dikarenakan dapat mengganggu metabolisme lemak pada bayi. Ditemukan peningkatan berat badan yang kurang pada bayi-bayi yang terpapar obat kolesterol ini.

Untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi, utamanya dengan membatasi konsumsi makanan seperti:

  1. Lemak jenuh dan minyak yang terkandung dalam butter, minyak kelapa, santan. Lebih baik menggunakan minyak sayur seperti minyak zaitun atau minyak kanola.
  2. Asam lemak trans/trans-fat (mengalami perubahan dari cair ke padat) yang terkandung dalam margarin padat, crackers/snack, kue-kue (cookies), mentega.
  3. Daging berlemak seperti kornet, steak, daging iga, daging giling, kambing, sosis, dan produk daging olahan lainnya. Juga batasi jeroan seperti hati dan ginjal. Lebih baik konsumsi daging ayam, daging sapi tanpa lemak, dan ikan. Batasi konsumsi daging merah, ayam dan ikan tidak lebih dari 2 porsi sehari, kurang lebih 2 telapak tangan.
  4. Batasi konsumsi kuning telur, namun bukan berarti tidak boleh sama sekali. Konsumsi kuning telur 1x sehari dapat dianggap aman untuk kadar kolesterol Anda.
  5. Batasi produk susu full cream yang terkandung dalam keju dan krimer lainnya.
  6. Batasi konsumsi snack seperti crackers, muffins, roti siap saji/donat. Lebih baik konsumsi roti gandum/whole grain.
  7. Hindari makanan siap saji seperti hamburger, ayam goreng, kentang goreng karena sangat tinggi kadar lemak jenuhnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar kolesterol tinggi saat menyusui. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar