Sukses

Tenggorokan Mengganjal

26 May 2017, 00:49 WIB
Pria, 26 tahun.

Dok saya kemaren sakit demam dan kena gejala radang tenggorokan.. saya udah berobat ke klinik dan udh d kasih obat sama dokter nya.. ada 3 obat dan hrs d minum 3x sehari.. permasalahan saya pas waktu minum obat saya tersedak salah satu obat tersebut.. sampai sekarang kayak masih ada yg mengganjal d tenggorokan saya.. langkah apa ya dok untk mengatasi mslh tersebut. Soal nya sangat mengganggu keseharian saya.. terima kasih.. mga pertanyaan saya bsa terjawab

Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih telah bertanya tentang tenggorokan mengganjal melalui fitur Tanya Dokter.

Kami perlu bertanya terlebih dulu apakah selain tenggorokan mengganjal ada keluhan lain yang dirasakan seperti suara menjadi serak atau bahkan hilang dan lain sebagainya? Apakah ada batuk dan pilek? Apakah dalam 5-6 bulan ini sakit dirasa terus menerus atau sempat sembuh?

Apabila Anda terkena radang tenggorokan maka beristirahatlah yang cukup, banyak minum, makan makanan dengan nutrisi cukup dan minum vitamin seperti vitamin C untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Saat sedang sakit, batasi jenis makanan yang dapat merangsang batuk seperti es dan makanan goreng-goreng,mengurangi atau menghentikan merokok.

Peradangan pada tenggorokan dalam bahasa medis disebut faringitis atau tonsilofaringitis (karena sering disertai peradangan pada amandel/tonsil). Penyebab infeksi dan radang tenggorokan paling banyak adalah virus (sekitar 40-60%) dan sekitar 15% disebabkan oleh bakteri. Selain itu, radang tenggorokan juga dapat disebabkan oleh jamur. Namun perlu diketahui bahwa radang tenggorokan tidak selalu disebabkan oleh infeksi. Keadaan ini juga dapat disebabkan oleh alergi, atau iritan seperti polutan, asap rokok, dan substansi kimia lain.

Bila tenggorokan masih terasa mengganjal, kemungkinan infeksinya belum mereda. Sebaiknya Anda kontrol kembali setelah obat habis.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar tenggorokan mengganjal. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar