Sukses

Harus Minum Antibiotik Padahal Sedang Menyusui

25 May 2017, 22:43 WIB
Pria, 24 tahun.

Selamat malam dok, Gigi geraham atas yg disamping gigi taring sebelah kiri saya berlubang dan sudah dimatikan syarafnya dg cara dibor (kalau tidak slaah itu yg saya rasakan) sekitar 1 bulan lalu, setelah dimatikan sarafnya doktr gigi ini tidak memberitahu sya untuk kontrol lg... 2 minggu kemudian saya ke dokter gigi lain dg keluhan keluar cairan pada gigi saya. Dan kata dokter gigi yg ini terjadi infeksi di gigi saya. Sudah 3x kunjungan saya ke dokter gigi ini, tetapi sya rasa ini mash keluar darah dan bau.max 5hr saya kontrol.. Dan trnyta yg infeksi itu gusi didekat gigi yg berlubang itu.. saya harus gimana dok. Kemarin drg yg ini menyarankan saya ganti antibiotik dan saya hrs stop menyusui selama seminggu. Saya tdk bsa stop menyusui krna baby saya 7 bulan tidak bsa minum sufor, diminumi sufor slalu menolak dn muntah. Mohon sarannya

Terimakasih telah bertanya tentang harus minum antibiotik padahal sedang menyusui melalui fitur Tanya Dokter.

Berdasarkan pemaparan yang Anda berikan, kondisi gigi ini membutuhkan suatu perawatan yang disebut perawatan saluran akar gigi. Namun sebelumnya infeksi di gusi dekat gigi berlubang harus disembuhkan dengan mengganti antibiotik seperti yang disarankan dokter gigi anda selama 3-5 hari. Kami akan menjelaskan sedikit mengenai perawatan saluran akar gigi. Karies (lubang) pada gigi terjadi akibat infeksi bakteri, yang berakibat kerusakan gigi sedikit demi sedikit hingga lama kelamaan lubang semakin dalam. Dari yang dangkal sebatas email, makin dalam hingga mencapai dentin.

Jika karies lebih dalam lagi dan sudah mencapai pulpa, tidak lagi dapat sekedar ditutup dengan bahan tambal. Sebelumnya, harus dilakukan perawatan saluran akar (endodontic treatment, atau root canal treatment). Saluran akar harus dibersihkan agar steril dan bebas dari infeksi kuman. Lalu saluran akar tersebut diisi dengan bahan pengisi saluran akar agar mencegah kontaminasi bakteri.


Gigi yang berlubang akan menimbulkan sakit berdenyut kalau sudah mencapai ruang pulpa yang isinya adalah jaringan syaraf dan pembuluh darah. Bila tidak dirawat, infeksi bisa menyebar ke jaringan di bawah gigi dan menimbulkan abses. Abses berisi nanah, dan menyebabkan pembengkakan di gusi, atau pada kasus-kasus tertentu abses ini bisa besar sekali hingga pipi menjadi bengkak. Gigi yang sedang sakit dan mengalami abses tidak boleh langsung dicabut karena infeksi yang terjadi sedang dalam fase akut. Rasa sakit dan abses harus diredakan dulu, dengan minum obat antibiotik menurut resep dokter.

Kami sarankan untuk tidak stop menyusui karena menyusui ASI sangat penting untuk pertumbuhan bayi anda. Perbanyak makanan nutrisi seimbang dan minum air putih juga buah-buahan. Selain itu anda harus lebih proaktif bertanya dalam menerima perawatan dari dokter gigi, agar kejadian seperti ini tidak terulang kembali.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai harus minum antibiotik padahal sedang menyusui, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar