Sukses

Hipertensi Pada Kehamilan

25 May 2017, 22:30 WIB
Pria, 30 tahun.

Istri saya lagi mengandung anak ke dua umur kandungan saat ini 36minggu. Tpi istri saya mempunyai tekanan darah tinggi. Apakah aman proses persalinanya..?

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar hipertensi pada kehamilan melalui fitur Tanya Dokter.

Terdapat beberapa jenis hipertensi selama masa kehamilan, yaitu hipertensi kronik, pre eklampsia, eklampsia, dan hipertensi gestasional. Secara umum, apabila tekanan darah istri anda terkontrol, dan tidak disertai tanda-tanda eklampsia ( terdapat protein dalam urin, riwayat kejang/ kejang, penurunan kesadaran) maka risiko terjadinya gangguan dalam proses persalina minimal. Namun apabila tidak terkontrol , bisa saja disarankan untuk dilakukan operasi sesar oleh dokter kandungan yang menangani.

 Meskipun memang terdapat risiko gangguan janin pada kehamilan dengan hipertensi kronik, sebagian besar wanita akan melahirkan bayi yang sehat dan cukup bulan. Beberapa penelitian menyebutkan hasil akhir bayi dari ibu hamil normal dan ibu hamil dengan hipertensi kronik tidak memiliki perbedaan bermakna. Penanganannya adalah kontrol teratur ke dokter kebidanan dan meminum secara teratur obat antihipertensi seperti yang telah diresepkan oleh dokter Anda. Tekanan darah Anda akan terus dipantau.

Demikian informasi yang dapat disampaikan seputar hipertensi pada kehamilan, Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar