Sukses

Menentukan Jenis Kelamin Bayi

25 May 2017, 21:09 WIB
Pria, 25 tahun.

apakah dari masa subur wanita kita bisa menentukan jenis kelamin bayi?

Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Penentuan jenis kelamin janin biasanya sudah dapat dilakukan sejak usia kehamilan 20 minggu, kadang bahkan dapat ditentukan pada usia kehamilan 16 minggu.

Sayangnya tidak ada hubungan masa subur dengan jenis kelamin calon bayi. Penentuan jenis kelamin ini dilakukan dengan pemeriksaan ultrasonografi.

Dasar penentuan jenis kelamin adalah terlihatnya penis dan skrotum (kantung kemaluan) pada laki-laki dan labia pada perempuan. Terlihatnya penis menunjukkan bahwa janin adalah laki-laki, namun tidak terlihatnya penis bukan merupakan bukti yang cukup untuk menentukan janin tersebut adalah perempuan. Untuk menetukan jenis kelamin perempuan diperlukan terlihatnya tanda berupa 3 garis menggambarkan labia. Terlihatnya hal itu merupakan indikasi yang valid dan sangat akurat bahwa janin tersebut adalah perempuan.

Namun, pada dasarnya keakuratan visualisasi alat kelamin janin tergantung dari beberapa faktor seperti posisi janin, jumlah cairan amnion, dan ketebalan dinding perut, sehingga seringkali penentuan jenis kelamin sulit, dan baru dapat dipastikan setelah usia kehamilan lebih tua.

Anda dapat berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda mengenai pemeriksaan ini.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

    0 Komentar

    Belum ada komentar