Sukses

Flek Hitam di Wajah Saat Hamil

25 May 2017, 20:56 WIB
Pria, 19 tahun.

Cara menghilangkan flek Hitam pada kulit saat mengandung

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang Flek Hitam di Wajah Saat Hamil melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan flek hitam di wajah yang muncul saat kehamilan dikenal juga sebagai "Topeng Kehamilan" atau dalam istilah medis disebut sebagai melasma gravidarum atau chloasma. Hal ini merupakan hal yang lumrah dan sering terjadi pada ibu hamil. Hampir 50% ibu hamil mengalami gejala melasma.

Flek-flek hitam-kecoklatan pada wajah saat kehamilan dapat muncul di bibir bagian atas, hidung, tulang pipi dan jidat. Terutama bagian wajah yang mudah terpapar sinar matahari. Melasma gravidarum dipicu oleh perubahan hormonal yang terjadi selama masa kehamilan yang menyebabkan peningkatkan produksi melanin tubuh secara temporer (sementara). Melanin merupakan substansi alami yang memberikan warna pada rambut, kulit dan mata.

Area yang mengalami hiperpigmentasi biasanya akan berangsur-angsur memudar dan kembali normal dalam beberapa bulan setelah melahirkan. Pada sebagian kecil wanita bekas coklat-kehitaman ada yang tidak hilang secara sempurna.

Bagaimana cara mencegah & meminimalisir topeng kehamilan?

Untuk mencegahnya sebaiknya Anda menggunakan tabir surya setiap akan berpergian keluar rumah dengan sedikitnya SPF 15, akan lebih baik jika ber SPF 30. Anda juga dapat menggunakan topi untuk menutupi wajah Anda dari pajanan sinar matahari. Sinar UV dari matahari meningkatkan kemungkinan munculnya flek hitam di wajah. Pada saat hamil kulit Anda menjadi ekstra sensitif sebaiknya gunakan pembersih muka dan krim wajah yang tidak mengiritasi karena iritasi wajah hanya akan memperburuk gejala.

Urungkan pula niat untuk menggunakan pemutih wajah, karena kondisi ini disebabkan oleh peningkatan hormon saat kehamilan sehingga setelah Anda melahirkan kulit akan dapat kembali normal.

Mengenai produk yang Anda tanyakan, mohon maaf kami tidak dapat memberikan penjelasan dikarenakan untuk menghindari bias promosi yang tidak sesuai dengan kode etik kedokteran.

Kami sarankan Anda untuk berkonsultasi ke dokter kulit dan kelamin sebelum menggunakan obat-obatan pada wajah terlebih saat ini Anda sedang dalam kondisi hamil.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Flek Hitam di Wajah Saat Hamil. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar