Sukses

Gatal Kulit

25 May 2017, 20:52 WIB
Wanita, 19 tahun.

Hallo dok! Saya punya masalah dengan gatal2, gatalnya di bawah ketiak sejajar dgn payudara, awalnya hanya bentol biasa tapi ada beberpa, trus saya garuk sampai hilang tapi malah membekas jadi hitam melingkar besar gitu dan lama2 jadi timbul bentol2 kecil melingkar dipinggir yg hitam itu dok gatel bgt, awal muncul pas lagi panas2nya udara dok, tapi ini sudah yg kedua kalinya di tempat yg sama tapi bbrapa taun yg lalu, ini kenapa yah dok apa saya punya alergi? Dan obatnya apa dok? Terimakasih dok

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang Gatal Kulit melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Gatal-gatal pada kulit dapat disebabkan oleh banyak hal dan diagnosis pasti dari keluhan yang Anda rasakan tentunya memerlukan pemeriksaan fisik langsung.

Diduga penyebab gatal pada kulit dapat bermacam-macam, diantaranya:

Obat. Contohnya adalah antibiotik golongan penisilin, aspirin, obat-obatan hormonal, vaksinasi, pil kontrasepsi, dll.
Makanan. Contohnya adalah susu, keju, telur, gandum, ikan, ayam, dll. Zat pewarna, penyedap rasa atau bahan pengawet juga dapat menimbulkan urtikaria.
Lingkungan. Terpapar dengan debu rumah, jamur, perubahan temperatur, serbuk sari bunga, kontak logam, detergen, bahan kimia, dll.
Stres. Pada urtikaria yang berulang, faktor emosional perlu diperhatikan. Stress emosional dapat secara langsung dan tidak langsung menyebabkan seseorang meningkat kemungkinan terjadi urtikaria.
Penyakit sistemik. Beberapa penyakit dan keganasan dapat menimbulkan urtikaria. Beberapa penyakit sistemik yang sering disertai urtikaria antara lain limfoma, hipertiroid, Lupus Eritematosus Sistemik, dll.
Gigitan serangga. Gigitan serangga dapat menimbulkan urtikaria setempat. Nyamuk, lebah dan serangga lainnya menimbulkan urtikaria bentuk papul di sekitar tempat gigitan, biasanya sembuh sendiri.
Infeksi. Infeksi jamur atau parasit dapat menyebabkan kulit terasa gatal.

Gatal seluruh tubuh juga dapat disebabkan karena gagal ginjal. Karena pada gagal ginjal, ureum yang seharusnya dapat dikeluarkan oleh tubuh tidak dapat dibuang dan akhirnya menyebar di darah dan menimbulkan manifestasi gatal pada kulit.

Untuk mengatasi gatal-gatal yang terpenting adalah mengetahui penyebabnya. Baru kemudian dapat ditentukan penanganan yang paling tepat. Untuk itu perlu diketahui pemicu munculnya keluhan, bentuk lesi kulit dan juga sejak berapa lama serta perkembangan lesi kulit. Jika diduga karena alergi maka penanganan yang paling sesuai adalah dengan penghindaran total bahan yang menyebabkan keluhan/kelainan kulit.

Selain deskripsi yang lengkap, untuk mengetahui diagnosis penyakit kulit diperlukan pemeriksaan fisik secara langsung. Untuk itu kami sarankan Anda mengunjungi dokter untuk pemeriksaan fisik langsung dan penanganan yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Gatal Kulit. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar