Sukses

Kolang Kaling Vs. Asam Urat

25 May 2017, 20:31 WIB
Wanita, 36 tahun.

Cara mengkonsumsi kolang kaling untuk asam urat dan sendi2 yang sakit, bagaimana caranya?

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang Kolang Kaling Vs. Asam Urat melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Bagi penderita asam urat, dalam mengatur pola makan, perlu menghindari jenis makanan yang mengandung tinggi pruin. Untuk itu anda perlu mengenali jenis makanan yang tinggi purin. Purin adalah zat alami yang ditemukan didalam sel, termasuk didalam tumbuhan maupun hewan di sekitar kita. Sayuran pada umumnya lebih tinggi purin dibandingkan dengan daging. Purin yang masuk kedalam tubuh kita dari makanan selanjutnya akan dimetabolisme menjadi asam urat.

Purin sebenarnya terdapat diseluruh bagian makhluk hidup, jadi tidak mungkin kita menghindari purin. Yang terbaik adalah dimulai dengan mengetahui beberapa makanan yang paling tinggi mengandung purin berikut:

Daging merah :

Daging pada umumnya tinggi purin, dan Organ hewan atau jerohan seperti hati, ginjal & otak mengandung purin paling tinggi. Daging yang mengandung purin tinggi seperti daging babi, daging rusa, daging sapi, kelinci, kalkun, sapi, unggas dan bebek. Batasi jumlah asupan protein hewani hingga 6 ons per hari, hal ini untuk mengurangi purin dalam tubuh .

Sea food :

Ikan sarden adalah sumber purin tertinggi. Juga makanan laut lainnya seperti halibut, ikan kod, bluefish, makarel, trout, tuna, lobster, tiram, herring, sarden dan kerang.

Anggur :

Anggur juga merupakan salah satu sumber Purine tertinggi. Batasi konsumsi anggur jika Anda menderita gout.

Minuman :
Minuman sehari-hari kita seperti teh dan kopi sebenarnya sedikit mengandung purin, akan tetapi batasi konsumsinya karena mengandung kafein. Sementara Minuman beralkohol tidak boleh diminum oleh penderita kelebihan asam urat. Terutama adalah bir, dimana yang pailing tinggi purin.

Ragi :

Produk yang mengandung ragi harus dibatasi untuk menghindari masalah kesehatan, terutama bagi penderita radang sendi akibat asam urat. Tape atau produk yang difermentasi lainnya adalah mengandung purin tinggi dari ragi.

Kacang-kacangan:

Kacang-kacangan adalah sumber protein nabati yang baik, namun pada umumnya juga tinggi purin. Kacang-kacangan yang paling kaya akan purin adalah lentil, kacang navy , kacang lima, kacang merah, dan belinjo.

Cokelat

Biji kakao dan daun teh mengandung tinggi theobromine, yaitu alkaloid dengan struktur mirip dengan kafein yang tinggi purin. Kakao merupakan bahan utama pembuatan dark chocolate.

Dan lebih dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan rendah purin meliputi berbagai macam sayuran (jamur, asparagus, kubis, ceri, buncis, selada, lobak, jagung, kentang, dan wortel), dan buah-buahan ( apel, pisang, jeruk, dan melon). Juga ada banyak kacang-kacangan (Brazil, hazelnut, dan kacang tanah), keju (cheddar, edam, cottage, dan Limburger), dan pasta yang dibuat dengan telur, dan biji-bijian.

Untuk kolang kaling sendiri mengandung kadar air sangat tinggi, hingga mencapai 93,8% dalam setiap 100 gram-nya. Kolang kaling juga mengandung 0,69 gram protein, 4 gram karbohidrat, serta kadar abu sekitar satu gram dan serat kasar 0,95 gram.

Dengan jumlah/kadar protein yang terkandung, belum ada penelitian medis resmi yang melarang penderita asam urat untuk mengkonsumsi kolang kaling. Anda dapat mengkonsumsinya, namun sebaiknya dalam jumlah yang cukup, tidak perlu berlebihan. Caranya pun terserah Anda tidak ada anjuran khusus.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Kolang Kaling Vs. Asam Urat. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar