Sukses

Kepala Bayi Belum Masuk Pintu Atas Panggul

25 May 2017, 20:31 WIB
Wanita, 18 tahun.

dok saya mau tanya usia kehamilan saya baru 37 minggu tapi kata dokter air ketuban saya sedikit berat badan bayi sudah 3 kg lebih,terus kepala bayi juga belum masuk lubangnya,,tapi perut bagian atas selalu kencang.tindakan apa yang harus saya lakukan dok?

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang Kepala Bayi Belum Masuk Pintu Atas Panggul melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Biasanya, bayi mulai masuk rongga panggul pada minggu 34-36. Namun pada bayi yang belum masuk panggul masih bisa ditunggu sampai usia kehamilan 40 minggu. Induksi dilakukan bila setelah 40 minggu belum ada tanda-tanda akan melahirkan, seperti belum ada mules atau kepala bayi belum masuk pintu panggul.

Namun kepala bayi bisa saja tidak masuk sepenuhnya ke pintu panggul, hal ini disebut dengan CPD (Cephalo-Pelvic Disproportion) atau disproporsi kepala-panggul. Faktor yang mempengaruhinya ada 3, yaitu faktor panggul ibu yang sempit, faktor kepala bayi yang besar atau ukuran bayi yang besar, dan faktor plasenta yang pendek atau letaknya menutupi jalan lahir. Untuk kasus CPD ini, tidak disarankan untuk persalinan normal karena dapat membahayakan janin dan juga ibu, maka pesalinan yang dapat dipilih adalah dengan operasi caesar.

Berdiskusilah kembali kepada dokter spOG yang telah memeriksa Anda, karena tentunya beliaulah yang lbh memahami kondisi Anda saat ini dan penanganan apa yang sebaiknya segera dilakukan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Kepala Bayi Belum Masuk Pintu Atas Panggul. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar