Sukses

Ngopi di Bulan Puasa

25 May 2017, 19:56 WIB
Pria, 16 tahun.

Maaf dok mau tanya, apa boleh saat bulan puasa kita ngopi? Apakah ada manfaat atau malah dampak buruknya? Terua baiknya ngopi pas bulan puasa itu kapan?

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang Ngopi di Bulan Puasa melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Selama tidak ada keluhan maka tidak ada masalah untuk ngopi di bulan puasa. Kafein yang terdapat pada kopi, teh, coklat, dan minuman soda merupakan suatu stimulan yang kuat dan memiliki beberapa efek samping seperti: gelisah, cemas dan insomnia. Sebagai gambaran, berikut kami sertakan masing-masing kandungan kafein pada kopi.

Kopi hitam 8 oz. (237 mL) 95-200 mg
Kopi decaffeinated 8 oz. (237 mL) 2-12 mg
Teh 8 oz. (237 mL) 14-70 mg
Espresso 1 oz. (30 mL) 47-75 mg
Espresso, decaffeinated 1 oz. (30 mL) 0-15 mg
Instant 8 oz. (237 mL) 27-173 mg
Instant, decaffeinated 8 oz. (237 mL) 2-12 mg
Latte atau Mocha 8 oz. (237 mL) 63-175 mg
Sedangkan sekaleng minuman bersoda rasa kola mengandung 54 mg kafein dan sekaleng minuman berenergi mengandung setidaknya 80 mg kafein. Sedangkan sebungkus chocolate bar mengandung 9-30 mg kafein.

Mengonsumsi kafein sebanyak 200-300 mg/hari atau setara dengan 2-4 gelas kopi/hari, merupakan batas aman yang dapat ditoleransi oleh orang dewasa yang sehat secara fisik.

Konsumsi kafein yang berlebih yaitu lebih dari 500-600 mg/hari, dapat menyebabkan:

Insomnia
Gelisah
Perasaan khawatir
Gangguan lambung
Denyut nadi lebih cepat
Tremor (tangan menjadi gemetar)

Kafein dalam jumlah rendah pun dapat menimbulkan efek samping. Beberapa orang lebih sensitif terhadap kafein, bahkan jika hanya minum 1-2 gelas kopi atau teh dapat menimbulkan efek yang tidak diinginkan seperti: gelisah atau gangguan tidur. Orang yang jarang mengonsumsi kafein cenderung lebih sensitif terhadap efek negatif yang mungkin ditimbulkan. Faktor lainnya adalah berat badan, usia, obat-obatan yang dikonsumsi dan kondisi tertentu.

Waktu untuk minum kopi tentunya di antara setelah berbuka puasa hingga sahur. Tidak ada waktu khusus untuk konsumsi kopi. Perlu diingat efek kafein dapat menyebabkan sulit tidur. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Ngopi di Bulan Puasa. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar