Sukses

Bentol Pada Ketiak

25 May 2017, 19:34 WIB
Wanita, 19 tahun.

Hallo dok! Saya punya masalah terhadap gatal2, awalnya ada bentol2 kecil dibawah ketiak sejajar payudara dan saya garuk karna saya kira itu bentol biasa karna cuacanya sedang panas2 nya, sampai beberapa hari ternyata bekas garukan itu jadi hitam melingkar dan membesar padahal bentolnya ga sebesar itu, dan stelah seminggu di bagian yg melingkar itu di pinggirnya jadi ada bentol2 kecil mengelilingi itu dok, karna awalnya ada beberapa titik bentol yg menghitam jadi banyak sekali bentol2 kecilnya dok gatal sekali apalagi jika berkeringat. Ini sudah kedua kalinya seperti ini dok dan dilokasi yg sama, ini kenapa yah dok apa saya punya alergi atau bagaimana? Dan obatnya apa? Terimakasih dok :)

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang Bentol Pada Ketiak melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Sejatinya dalam mendiagnosis kelainan pada kulit dibutuhkan pemeriksaan fisik langsung untuk menilai jenis lesi, lokasi, luas, warna, dan kondisi kulit di sekitarnya. Untuk itu sulit bagi kami untuk menentukan diagnosis penyakit Anda, karena tidak dapat melakukan pemeriksaan secara langsung.

Bila yang anda maksud bentol adalah sekelompok bentol berisi air yang terasa panas atau terbakar pada salah satu sisi tubuh, mungkin saja yang Anda alami adalah herpes zoster.

Herpes zoster adalah infeksi yang disebabkan oleh virus varisela-zoster dan menyerang kulit, mukosa, serta saraf. Virus varisela zoster ini didapat saat seseorang terkena cacar air dan kemudian virus dapat tinggal di sistem saraf dan dapat tereaktivasi jika orang tersebut mengalami stres berlebih atau penurunan daya tahan tubuh. Karena disebabkan oleh virus, maka penyakit ini dapat sembuh sendiri (self limiting disease) dalam jangka waktu beberapa hari asalkan daya tahan tubuh atau kekebalan tubuh meningkat.

Virus varisela-zoster merupakan virus yang sama yang menyebabkan cacar air, untuk itu memang dapat menular. Herpes zoster dapat menular pada mereka yang belum pernah terkena cacar air dan yang akan timbul adalah cacar air bukan herpes zoster. Setelah seseorang terkena cacar air maka orang tersebut dapat terkena herpes zoster bila mengalami stres berlebih atau penurunan daya tahan tubuh. Mereka dengan herpes zoster tidak terlalu menularkan virus seperti mereka yang dengan cacar air. Penularan dapat terjadi melalui kontak langsung dengan kulit yang mengalami lesi karena virus dapat menyebar melalui udara.

Namun hal ini masih dugaan. Untuk dapat memastikannya dan mendapatkan penanganan yang tepat, Kami sarankan Anda memeriksakan diri langsung ke dokter spesialis kulit terdekat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Bentol Pada Ketiak. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar