Sukses

Penyebab Kentut Berbau

25 May 2017, 15:39 WIB
Wanita, 19 tahun.

Kenapa yaa dok kentut saya berbau tidak sedap terus?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di Klikdokter.com

Kentut Berbau & Mengatasi Perut BuncitKentut (flatus) merupakan proses keluarnya gas yang telah dihasilkan di saluran pencernaan melalui anus.

Kentut berasal dari gas-gas yang terdapat di dalam usus.

Gas-gas ini berasal dari udara yang tertelan saat seseorang makan/minum dan dari hasil pencernaan makanan yang tidak sempurna di dalam usus.

Produksi gas dalam usus biasanya akan meningkat setelah makan.

Gas yang terbentuk akan dibawa menuju ke rektum (bagian akhir dari usus) melalui gerakan peristaltik usus yang juga akan membawa sisa pencernaan (feses).
Gas atapun feses yang telah mencapai rektum akan menimbulkan keluhan yang serupa, yaitu rasa tidak nyaman di sekitar perut dan mulas.

Selanjutnya kentut akan dikeluarkan melalui anus secara tidak sengaja ketika tekanan di dalam rektum lebih besar daripada kekuatan sphincter anus, misal saat batuk, bersin atau orgasme ataupun dikeluarkan secara sengaja (sadar) dengan meningkatkan tekanan rektum dan mengurangi tekanan spincter anus sehingga gas tersebut mudah keluar.

Pengeluaran gas melalui sphincter anus biasanya akan menghasilkan suara yang khas akibat adanya vibrasi dari sphincter anus atau akibat gerakan menutup pantat.

Suara yang dihasilkan dapat bervariasi (bisa keras, bisa juga tidak terdengar), tergantung dari kekuatan sphincter anus, kecepatan dari pelepasan gas dan faktor-faktor lain seperi air dan lemak tubuh.

Selama bertahun-tahun diduga bahwa kentut bau tersebut berasal dari skatole dan indole, yakni merupakan hasil proses pencernaan dari daging.

Namun, dengan pemeriksaan lebih lanjut ditemukan bahwa bau tak sedap tersebut berasal dari gas yang mengandung sulfur, seperti methanethiol, hidrogen sulfida, dan dimethyl sulfida.

Disamping itu, bau-bau tak sedap tersebut juga berasal dari sejumlah besar bakteri mikroflora di dalam usus dan adanya feses yang tertahan di dalam rektum. Jadi normalnya saat kentut berbau.

Mengenai perut bunci, berikut beberapa artikel yang dapat Anda baca sebagai referensi:

4 Bahaya Lemak di Perut Pada Pria

Perut Buncit Berisiko Tidak Panjang Umur

Tips Cara Mempercepat Bakar Kalori dan Lemak

Menu untuk Berat Badan Ideal Anda

Minuman Manis Bersoda Beresiko Menambah Timbunan Lemak

8 Trik Menurunkan Berat Badan Paling Tepat

9 Kebiasaan Penyebab Gemuk

5 Fakta Olahraga & Berat Badan

 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar