Sukses

Penyebab Sakit Perut Kiri

25 May 2017, 15:23 WIB
Wanita, 24 tahun.

Malam dok.. Saya mau nanya sedikit urgent. Tadi sekitar jam setengah 7 malam saya mengalami sakit perut dadakan dan sakit yang teramat hebat (tidak pernah mengalami sakit separah ini) hingga mau pingsan. Jika dinilai dari 1-10, rasa sakitnya ada di angka 9,8. Pada awalnya saya mengira akan buang air saja. Tapi lama kelamaan sakit sekali dan tepatnya di sebelah kiri. Buang air pun sedikit dan tidak padat. Dan juga disertai keringat yang sungguh banyak, pengelihatan kabur, dan berlangsung selama kurang lebih 60menit. Sakitnya hilang begitu saja tapi menyisakan migrain yang hebat dan tubuh lemas sekali karena saya mengejan cukup kuat menahan sakit dan berusaha mengeluarkan (maaf) kotoran yg saya kira ada tapi ternyata tidak ada. Setelah hilang, sakit perut masih terasa sedikit2. Mohon masukannya Dok. Saya tidak pernah separah ini mengalami sakit yang sangat menyiksa. Terima kasih Dok..

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.

Sejak kapan Anda merasakan keluhan tersebut? Apakah ada gejalan lain seperti demam, mual, muntah, penurunan berat badan, rasa panas di tenggorokan, sering sendawa? Apakah Anda memiliki riwayat sakit maag? Dimana letak pasti nyeri perutnya, apakah perut kiri bawah atau sekitar ulu hati? Adakah perubahan pola BAB, seperti darah atau lendir pada BAB Anda? Bagaimana dengan pola makan Anda, apakah sudah teratur atau sering terlambat makan?

Nyeri perut pada bagian kiri dapat berarti beberapa hal, diantaranya adalah gastritis (peradangan lambung), dispepsia, duodenitis, dan gangguan pencernaan lainnya. Apabila pola makan Anda tidak sehat (banyak makan pedas, asam, berlemak), kurang serat pada makanan, kurang minum air putih, dan waktu makan tidak teratur, maka mungkin saja gangguan pencernaan menjadi penyebabnya.

Diperlukan lebih banyak informasi untuk mengetahui diagnosis dari kondisi kesehatan Anda. Juga diperlukan pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan penunjang yang diperlukan. Jika keluhan sangat mengganggu, sebaiknya Anda mengunjungi dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang yang diperlukan sehingga kondisi Anda dapat segera ditentukan dan ditangani secara optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar