Sukses

Pipi Bagian Dalam Kegigit Menjadi Sariawan

25 May 2017, 13:56 WIB
Pria, 22 tahun.

Setahun lalu saya tambal gigi. Tambalan nya berwana putih. Kemarin saya sempet makan. Tapi pipi dalam saya kegigit dan menjadi sariawan. Lama2 sariawan membesar. Tapi gigi graham saya ikutan sakit. Apabila gigi atas mengatup dengan gigi bawah. Sakit nya luat biasa dok.

Terimakasih telah bertanya tentang pipi bagian dalam kegigit menjadi sariawan melalui fitur Tanya Dokter.

Berdasarkan paparan Anda maka keadaan sariawan ini dikaitkan dengan terjadinya cedera dalam mulut, baik karena tergigit atau karena menyikat gigi.

Stomatitis Aftousa Rekuren (SAR) atau yang dikenal juga dengan sariawan belum diketahui dengan pasti penyebabnya, tetapi terdapat beberapa faktor yang berperan terhadap timbulnya sariawan yaitu stress, perubahan hormonal, infeksi virus dan bakteri, sensitifitas terhadap makanan, pemakaian obat-obatan tertentu, trauma lokal dalam mulut, faktor genetik dan defisiensi hematinik. Sariawan biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 10-14 hari.

Hal yang utama dalam pengobatan sariawan adalah mencari faktor-faktor yang berperan terhadap timbulnya sariawan tersebut dalam mulut dan kemudian dikoreksi serta diperbaiki sehingga dapat menurunkan tingkat keparahan penyakit ini, dan pada kondisi yang Anda alami ini maka hindarilah terjadinya trauma lokal seperti tergigit atau luka ketika menyikat gigi sehingga sariawan dapat dicegah. 

Coba Anda periksa sendiri terlebih dahulu keadaan gigi di dekat pipi bagian dalam yang luka tersebut. Apakah gigi tersebut masih utuh atau ada mahkota yang patah dan tajam. Atau apakah gigi tersebut ada tambalan, bila ada apakah ada bagian yang tajam. Ada kemungkinan luka tersebut disebabkan karena trauma, atau mungkin karena sering tergigit secara tak sengaja karena ada gigi yang posisinya di luar lengkung. Bila itu memang penyebabnya, luka sulit sembuh bila faktor lokal tersebut tidak diperbaiki.

Bila hal-hal yang saya tanyakan diatas tidak terjadi pada Anda, maka perlu diketahui sudah berapa lama luka tersebut terjadi pada Anda. Apakah luka tersebut dulu lebih kecil dan makin lama makin membesar?Apakah ada rasa sakit yang menyertai luka tersebut, saat mulut dalam keadaan istirahat maupun sedang berfungsi?

Bila luka tersebut tidak kunjung sembuh, kami sarankan Anda berkonsultasi langsung ke dokter gigi spesialis penyakit mulut (drg. Sp.PM) karena luka yang Anda derita sulit diketahui diagnosa dan penyebabnya bila tidak diperiksa secara langsung karena kemungkinannya sangat luas dan bervariasi. Bila Anda berdomisili di Jakarta Anda dapat berobat dengan dokter tersebut di RSCM.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai pipi bagian dalam kegigit menjadi sariawan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar