Sukses

Apakah Diabetes?

25 May 2017, 14:32 WIB
Wanita, 23 tahun.

Selamat malam dokter, Saya mau tanya nih, Saya jika terluka di telapak kaki sembuhnya lama. Dan tekstur kulit saya kering kusam. Disaat pagi sering mengantuk walau tidak kurang tidur. Berat badan saya juga tidak kunjung naik walau saya sudah sering makan daging dan makanan berlemak lain. Bahkan saya minum susu juga tidak membantu. Apa saya terkena diabetes? Dan bagaimana cara alami untuk menyembuhkannya? Di riwayat keluarga tidak ada yang menderita diAbetes. Terimakasih dokter.

Terima kasih telah bertanya seputar diabetes menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Berikut adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah diabetes:
* Jaga berat badan dalam rentang normal. Lemak perut yang berlebihan membuat tubuh menjadi resisten terhadap insulin. Ini akan menyebabkan diabetes.
* Jaga lingkar pinggang di bawah 90 cm pada pria dan 80 cm pada wanita.
* Olahraga teratur minimal 3 kali per minggu selama 30 menit per kali.
* Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang. Kurang jumlah lemak jenuh dan lemak trans dalam makanan. Konsumsi lebih banyak buah, sayur, dan makanan berserat. Batasi pula konsumsi makanan siap saji dan minuman kemasan.
* Batasi konsumsi alkohol tidak lebih dari 2 gelas/hari pada pria dan 1 gelas/hari pada wanita.
* Berhenti merokok. 
Jaga tekanan darah dalam rentang normal (di bawah 120/80 mmHg)

Di samping cara-cara di atas, lakukan pula skrining diabetes dengan memeriksakan diri ke dokter atau laboratorium. Anda dapat memeriksakan kadar gula darah puasa, gula darah 2 jam setelah makan, dan HbA1c.
Kadar gula darah puasa yang normal ialah

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar