Sukses

Hidung dan Telinga Tersumbat

25 May 2017, 13:50 WIB
Pria, 26 tahun.

Maaf sebelum nya mau tanya dok Saya udah 1 minggu sakit filek sama sama kuping aku nih berat banget rasa nya kaya ada yg tersumbat dua dua ny, nah tadi pagi saya pas ngeluarin ingus dari idung sebelah kiri warna ny kuning kehitaman,idung yg sebelah kanan hanya keluar ingus warna hijau,nah pas saya mau ngeluarin ingus yg kanan kuping saya merasa sakit dokter,klw boleh tau dinamakan penyakit apa yah ? Terus obat nya apa ? Terimakasih dok

Terima kasih telah bertanya seputar hidung dan telinga tersumbat menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Saluran lubang hidung kita memiliki muara di tenggorokan. Begitu pula halnya dengan telinga kita. Telinga dihubungkan dengan tenggorokan melalui sebuah saluran yang dinamakan tuba eustachius. Saluran ini berfungsi untuk menetralkan tekanan pada telinga tengah supaya sama dengan tekanan udara luar. (Baca: Waspadai Jika Telinga Berdengung)

Bila kita sedang flu, maka produksi lendir saluran napas kita akan meningkat. Meningkatnya produksi lendir ini dapat menyebabkan sumbatan pada saluran tuba tadi. Hal ini bila tidak ditangani dengan segera dapat memicu terjadinya infeksi telinga, serta menimbulkan keluhan lain seperti nyeri telinga, rasa penuh atau berdengung pada telinga. Penumpukan lendir pada tuba merupakan tempat yang ideal bagi bakteri untuk berkembang biak. Penumpukan cairan tersebut akan mengganggu fungsi tuba untuk menyeimbangkan tekanan telinga tengah. Lama kelamaan tumpukan cairan tersebut akan meningkatkan tekanan di dalam telinga dan dapat merusak gendang telinga, hal ini akan menimbulkan nyeri hebat pada telinga Anda.

Cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mengobati penyebabnya, dalam hal ini flu atau infeksi pada saluran pernapasan. Apabila gejala flu mereda, umumnya gejala pada telinga juga ikut mereda, kecuali bila infeksi saluran pernapasan tersebut tidak diobati dalam waktu lama dan sudah menyebabkan infeksi di telinga, maka diperlukan pengobatan yang berbeda untuk infeksi di telinga tersebut. Oleh karena itu kami menyarankan Anda untuk segera memeriksakan diri kedokter spesialis THT untuk mengatasi keluhan di telinga Anda, terlebih besok Anda naik pesawat akan mengalami perbedaan tekanan udara yang mempengaruhi kondisi telinga Anda .

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar