Sukses

Gigi dan Gusi Sudah Sembuh Apa Masih Perlu Dicabut?

25 May 2017, 13:38 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok saya mau tanya. .. Gusi saya juga bengkak gitu.. Saya di kasih obat sama dokter dan rasa nya udah hilang udah gak nyeri lagi dan gak bengkak lagi. .. Nah seperti itu apa masih perlu untuk cabut gigi yang asli?

Terimakasih telah bertanya tentang gigi dan gusi sudah sembuh apa masih perlu dicabut melalui fitur Tanya Dokter.

Pencabutan adalah pilihan perawatan yang terakhir, jika tindakan konservatif dan preservatif sudah tidak dapat lagi dilakukan. Sebelumnya kami ingin menanyakan bagaimana keadaan gigi anda? Apakah sisa jaringan gigi masih banyak? Jika iya maka kemungkinan masih dapat dilakukan perawatan saluran akar. Lubang gigi yang sudah mencapai pulpa tidak lagi dapat sekedar ditutup dengan bahan tambal. Sebelumnya, harus dilakukan perawatan saluran akar (endodontic treatment, atau root canal treatment). Saluran akar harus dibersihkan agar steril dan bebas dari infeksi kuman. Lalu saluran akar tersebut diisi dengan bahan pengisi saluran akar agar mencegah kontaminasi bakteri. Kemudian ditutup dengan restorasi permanen. 

Jika gigi buru-buru dicabut sebenarnya akan merugikan. Ambil contoh gigi yang dicabut adalah salah satu gigi geraham bawah. Seiring waktu, gigi antagonisnya (gigi geraham atas) dapat turun dan memanjang karena gigi lawannya tidak ada. Gaya kunyah kita menyebabkan gigi cenderung semakin maju seiring dengan bertambahnya usia. Itulah sebabnya posisi gigi tidak selalu tetap, dan mungkin posisi gigi saat kita tua mengalami perubahan bila dibandingkan saat usia muda. Gigi disebelah gigi yang dicabut juga dapat berubah posisi yaitu miring ke arah gigi yang hilang. Awalnya mungkin dampaknya tidak akan terlalu terasa, namun kondisi ini akan mengganggu fungsi kunyah dan pada beberapa kasus yang berat dapat menyebabkan perubahan posisi gigi-gigi lain hingga ketidaknyamanan pada sendi rahang.
Karena ada gigi yang hilang, biasanya mengunyah pada sisi tersebut jadi tak nyaman. Akibatnya mengunyah hanya pada satu sisi saja. Padahal hal tersebut merugikan karena sisi yang tidak dipakai mengunyah justru lebih kotor daripada sisi yang digunakan untuk mengunyah, karena aliran air liur di sisi tersebut lebih sedikit. Pengunyahan akan menstimulasi keluarnya air liur. Keberadaan air liur sangat penting, salah satu fungsinya adalah untuk membilas kotoran dan sisa makanan. Karakteristik orang yang mengunyah satu sisi adalah karang gigi yang terbentuk lebih banyak pada sisi yang tidak digunakan untuk mengunyah.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai gigi dan gusi sudah sembuh apa masih perlu dicabut, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar