Sukses

Gigi Ditambal Sementara Malah Tambah Sakit

24 May 2017, 23:29 WIB
Wanita, 25 tahun.

Salam sejahtera dokter. Saya mau tanya, ini kenapa gigi saya setelah di tambal sementara malah tambah sakit ya dok? Sakit nya tidak hanya pas malam hari saja, pagi siang dan sore juga sakit. Ditambah jika gigi di pakai untuk mengunyah/menekan juga sakit. Itu kenapa ya dok? Ini awalnya gigi saya sudah pernah di tambal, tapi lepas jadi saya kontrol lagi. Dan dokternya bilang ini baru di tambal sementara dulu. Seminggu lagi saya suruh kontrol lagi. Terimakasih dokter sebelum nya.

Terimakasih telah bertanya tentang gigi ditambal sementara malah tambah sakit melalui fitur Tanya Dokter.

Berdasarkan keterangan yang anda sampaikan, dugaan kami lubang gigi anda sudah terlalu dalam, terdapat bakteri yang sudah menembus ke kamar saraf, sehingga tidak bisa dilakukan perawatan dengan tambal sementara maupun tambal permanen. Maka Perawatan yang kami sarankan adalah perawatan saluran akar, Kami akan menjelaskan sedikit mengenai perawatan tersebut dan perjalanan gigi berlubang yang menyebabkan Anda membutuhkan perawatan tersebut.

Karies (lubang) pada gigi terjadi akibat infeksi bakteri, yang berakibat kerusakan gigi sedikit demi sedikit hingga lama kelamaan lubang semakin dalam. Dari yang dangkal sebatas email, makin dalam hingga mencapai dentin. Jika karies lebih dalam lagi dan sudah mencapai pulpa, tidak lagi dapat sekedar ditutup dengan bahan tambal. Sebelumnya, harus dilakukan perawatan saluran akar (endodontic treatment, atau root canal treatment). Saluran akar harus dibersihkan agar steril dan bebas dari infeksi kuman. Lalu saluran akar tersebut diisi dengan bahan pengisi saluran akar agar mencegah kontaminasi bakteri. Kemudian gigi tersebut ditutup dengan restorasi. Ada beberapa jenis restorasi yang dapat dipilih, bergantung pada kondisi gigi. 

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai gigi ditambal sementara malah tambah sakit, semoga bermanfaat.

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar