Sukses

Pengobatan Untuk Gusi Bengkak di Bagian Geraham Bungsu

24 May 2017, 22:29 WIB
Pria, 29 tahun.

Gusi saya bengkak di bagian paling belakang mulut (geraham bungsu) sudah seminggu tidak sembuh-sembuh. sedangkan terakhir kali saya tanya dokter gigi saya semua gigi geraham bungsu saya sudah tumbuh. Apa ada solusi untuk pengobatan awal karena saat ini belum sempat ke dokter gigi? Terima kasih.

Terimakasih telah bertanya tentang pengobatan untuk gusi bengkak di bagian geraham bungsu melalui fitur Tanya Dokter.

Kondisi yang sedang Anda alami dalam bahasa medis disebut pericoronitis, dimana gusi di sekitar mahkota gigi molar (geraham) membengkak dan mengalami infeksi. 
Molar tiga normalnya baru tumbuh sekitar usia 18 tahun keatas, karena gigi lain sudah tumbuh maka biasanya gigi molar tiga tidak kebagian tempat pada rahang sehingga tidak tumbuh pada posisi normal atau bahkan tidak tumbuh sama sekali.
Pada kasus Anda, gigi molar tiga tumbuh lurus, namun dugaan kami masih ada permukaan mahkota gigi yang tertutup gusi. Sisa makanan yang terjebak pada daerah tersebut sulit dibersihkan , dan sela-sela antara gusi dan gigi tersebut menjadi tempat yang kondusif bagi pertumbuhan bakteri penginfeksi apalagi dengan adanya sisa makanan. Kondisi ini menyebabkan gusi meradang dan terinfeksi sehingga gusi membengkak, dapat menimbulkan bau mulut, terasa sakit saat tergigit, bahkan pada kasus berat pembengkakan ini dapat menjalar hingga ke pipi dan leher, menyebabkan pembengkakan kelenjar limfe leher, dan kesulitan membuka mulut.

Kami sarankan untuk memeriksakan keluhan anda ke dokter gigi. Sementara menunggu ke dokter gigi jika ada rasa nyeri boleh minum obat pereda nyeri yang dijual di apotik. Jaga kebersihan gusi di daerah sekitar gigi geraham bungsu dengan selalu menyikat gigi, berkumur setelah makan dan membersihkan karang gigi. 

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai pengobatan untuk gusi bengkak di bagian geraham bungsu, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar