Sukses

Mengatasi Polip Gigi Pada Ibu Hamil

24 May 2017, 19:19 WIB
Pria, 28 tahun.

Istri saya hamil 4bln dok. Dan mngalami polih gigi yg tdk brdrah dlu sblm ketahuan hamil. Dokter menyuruh di cabut. Nah pas mau di cabut trnyata istri saya positif hamil.jadi dokter tdk mau mencabut sampai bsok mlhirkan. Dan tdk ad solusi dok. Akhir2 ini istri saya mrsa tdk nyaman d mulut. Dan sudh membesar polipnya. Gmn cara mngatasinya dok? Mhon d jawab. Terimakasih.

Terimakasih telah bertanya tentang mengatasi polip gigi pada ibu hamil melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelumnya kami ingin menekankan bahwa keluhan seperti ini adalah akibat lalai dalam melakukan perawatan gigi. Gigi yang sudah mengalami polip walaupun tidak berdarah, seharusnya diberikan perawatan saluran akar atau bahkan pencabutan. Tidak boleh ditunda-tunda karena dapat mengakibatkan konsekuensi yang membahayakan untuk sang ibu maupun janin.

Walaupun sebagian besar perawatan gigi dapat ditunda hingga sang ibu melahirkan, namun pada kasus tertentu perawatan gigi tidak dapat ditunda lagi. Terkait hal ini, banyak yang harus dipertimbangkan agar perawatan gigi ibu hamil tidak berdampak buruk bagi sang ibu dan janin yang ada di dalam kandungannya. Waktu yang diperbolehkan untuk melakukan pencabutan gigi pada ibu hamil adalah pada trimester ke-2 yaitu masuk bulan ke 4-6.

Kasus yang di prediksi membutuhkan waktu lama untuk ditangani tidak disarankan untuk dilakukan, mungkin ini yang jadi bahan pertimbangan dokter gigi anda. Terutama jika terjadi pada usia kehamilan trimester ketiga. Pasalnya, ibu hamil yang terlalu lama dalam posisi berbaring di kursi gigi dapat mengalami sindrom hipotensi atau penurunan tekanan darah. Hal ini disebabkan karena rahim ibu yang membesar menekan pembuluh darah vena (pembuluh darah balik) di sebelah kanan ketika ibu dalam posisi berbaring, dan mengganggu aliran darah balik ke jantung. Pada kondisi yang berat, hal ini dapat menyebabkan kehilangan kesadaran. 

Kami sarankan untuk melakukan observasi pada polip gigi istri anda. Jaga kebersihan gigi yang mengalami polip dengan melakukan pembersihan karang gigi dan menyikat gigi secara teratur. Jika memasuki bulan ke 5-6 keluhan semakin parah maka diskusikan kembali dengan dokter gigi anda untuk mengambil tindakan yang terbaik untuk istri anda. Obat yang boleh dikonsumsi hanya pereda rasa nyeri yang mengandung Paracetamol.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai mengatasi polip gigi pada ibu hamil, semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar