Sukses

Nyeri Punggung Akibat Postur

24 May 2017, 18:41 WIB
Pria, 23 tahun.

Selamat pagi dok, saya pekerja umur 23 tahun. Saya bekerja di sebuah pabrik.. Dan jarak dr rumah sy lumayan jauh tiap hari berangkat dgn motor. Kenapa ya dok saya sering sekali nyeri di bagian punggung setiap selesai bekerja dan selesai mengendarai motor? Dan saya tipikal yg dr bayi sering sekali sakit, karena dulu saya lahir prematur, adakah tips untuk saya agar jarang sakit dan kuat? Trimkasih dokter

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar nyeri punggung melalui fitur Tanya Dokter. 

Nyeri pada punggung seringkali disebabkan karena postur. Postur yang dimaksud disini adalah bagaimana posisi tubuh anda ketika duduk, berdiri, dan bekerja. Selain itu kelainan tulang bisa saja mengakibatkan nyeri, seperti misalnya skoliosis (tulang belakang miring), kebiasaan membawa beban yang berat dan tidak seimbang juga dapat mengakibatkan nyeri punggung. 

Anda dapat memperbaiki mulai dari :

- postur anda duduk, jangan terlalu tegak dan tegang, namun jangan terlalu bungkuk, usahakan selalu pada posisi relaks dan netral.

- Jangan membawa barang yang terlalu berat pada satu sisi, usahakan seimbang. Apabila bekerja/ duduk terlalu lama, setiap 30 menit -1 jam, lakukanlah sedikit peregangan pada pinggang dan leher anda.

- Olahraga. Olahraga rutin 30 menit minimal, sebanyak 2-3 kali sehari dapat meningkatkan kebugaran anda, meningkatkan sistem daya tahan tubuh anda, dan juga memperlancar sirkulasi darah ke organ-organ, termasuk otot yang nyeri.


Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar nyeri punggung, Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar