Sukses

Mengatasi Bintik Merah Vagina Pada Bayi

24 May 2017, 17:48 WIB
Wanita, 26 tahun.

Dok saya mo bertanya tentang bayi dok. Saya mempunyai anak perempuan umut 9 bln dok. Di dinding vagina ada bintik merah dok terus jd putih ky biang dok itu knp y dok. Tolong penjelasannya y dok makasih.

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai bintik vagina pada bayi melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Daerah bibir luar vagina termasuk daerah yang memiliki kelenjar sebasea. Daerah kemaluan adalah daerah yang cukup lembab karena lokasinya dan selalu tertutup, membuat kulit daerah tersebut menjadi lebih mudah terinfeksi.

 

Penyebab bintik merah di vagina pada bayi bisa disebabkan infeksi atau adanya ruam akibat popok. Ruam popok biasanya disebabkan karena:

Popok yang jarang diganti
Anak mengalami diare atau ketika BAB popok tidak langsung diganti
Penggunaan produk popok baru yang lain dari biasanya
Ukuran popok yang terlalu kecil dan ketat
Penggunaan produk kulit bayi yang lain dari biasanya
Kulit yang sensitif
Untuk mengatasinya, selain menjaga kebersihan dan kekeringan area vagina dan sekitarnya, ganti popok segera setelah anak BAB, gunakan popok yang longgar dan berbahan lembut. Selama masih merah, Anda dapat pula mengoleskan salap/krim popok yang mengandung 'zinc'. Bila ini hanya ruam popok biasanya, umumnya akan hilang dalam waktu 3-4 hari dengan salap tersebut. Namun jika tidak hilang, dapat berarti ada infeksi jamur.

Untuk memastikan keluhan yang anak Anda alami, jika kemerahan tak kunjung hilang dalam waktu 5 hari atau lebih. Kami sarankan Anda untuk melakukan konsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis anak agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik kulit bayi Anda secara langsung sehingga penanganan lebih optimal. Sementara ini sering ganti popok bayi Anda dan hindari memakai bedak di area vagina. 

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai bintik vagina pada bayi, semoga bermanfaat. 

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar