Sukses

Menyusui Saat Hamil, Bolehkah?

24 May 2017, 17:13 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dok,sya pnya anak umur 19 bln,sat ni sya sdg hamil 1 bln, boleh tdak dok sya ttp menyusui anak sya smpai umur 2 thn..krna sjak positif hamil sya msh lnjut menyusui..dan allhamdulilah sya tdk merasa kehamilan sya bermasalah,.mohon pnjelasan y dok, trmksih

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan tentang menyusui saat hamil.

Kegiatan menyusui pada saat Ibu hamil sebenarnya aman, asalkan Ibu menjaga asupan nutrisi yang sehat, cukup minum, dan tidak terdapat keluhan pada kehamilan. Hal penting yang perlu diketahui Ibu ialah fakta bahwa menyusui dapat merangsang kontraksi rahim. Oleh karenanya, segera sapih anak Anda bila Anda mengalami flek / perdarahan atau adanya riwayat persalinan prematur di masa lampau. Hal lain yang menjadi perhatian adalah kandungan dan rasa dari ASI itu sendiri. Saat hamil, nutrisi, kandungan, rasa dan jumlah ASI pun berubah, yang tentunya sangat dirasakan oleh anak.

Fakta inilah yang lambat laun membuat anak akan tersapih secara alami sebelum sang Adik lahir.
Pertimbangkan pula kenyamanan Ibu selama mengandung, beberapa Ibu mengeluhkan adanya nyeri pada puting dan payudara secara keseluruhan, yang meningkat saat menyusui. Ibu pun akan lebih mudah mengalami kelelahan.

Konsultasikan kondisi ini dengan Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan yang merawat Anda, agar kondisi fisik dan mental Anda untuk menyusui selama masa kehamilan dapat dipersiapkan dengan matang dan diawasi pula risiko-risiko yang mungkin terjadi.

Semoga penjelasan tentang menyusui saat hamil ini bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar