Sukses

Bagaimanakah Mengetahui Selaput Dara Utuh atau Tidak ?

24 May 2017, 15:59 WIB
Pria, 18 tahun.

Dok saya mau tanya. Waktu masuk SMP saya mendapat haid pertama kali,karena waktu itu saya belum mengerti arti selaput dara jadi saya sering membersihkan miss V saya dengan jari yang saya masukan agar sisa2 darah yang masih tertinggal dapat cepat keluar/cepat bersih saat haid itu selesai.. Dan saya juga sering melakukan itu saat saya keputihan,memasukan jari ke dalam vagina agar dapat membersihkannya. Dan saat SMA saya baru mengerti tentang selaput dara. Ibu saya ingin memasukan saya ke perguruan tinggi yang mengharuskan saya perawan.Jadi, saya mulai mencari2 syara kelulusannya dan membuka beberapa web tentang keperawanan,ternyata di situs tersebut tertulis bahwa jika sering memasukkan jari ke miss V dapat membuat selaput dara sobek dan membuat seorang gadis tidak perawan lagi. Dok bagaimana dengan saya,apakah saya masih dapat di katakan perawan ?dan bagaimana ciri2nya yang menandakan saya masih perawan atau tidak? Jujur saya hanya mempelajari di sekolah tentang miss V melalui animasi dan bukan yang asli ,saya sendiri belum tau bagaimana bentuk selaput dara yang masih utuh sebenarnya jadi itu membuat saya bertanya2 . Sekian pertanyaan saya terimakasih dok

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar selaput dara, melalui fitur Tanya Dokter

Pertama , Selaput dara adalah selaput tipis yang terletak hanya beberapa sentimeter dari lubang vagina. Karena kondisi dan letaknya tersebut, selaput dara mudah robek karena berbagai aktivitas. Penyebabnya bisa karena terjatuh, olahraga, dan pemasangan tampon. Jadi tidak selalu karena penetrasi penis ke vagina. Masalahnya, pemeriksaan kedokteran hanya bisa menentukan apakah selaput dara sudah robek atau masih utuh. Sedangkan penyebab robeknya selaput dara –apakah karena hubungan seksual atau aktivitas non seksual, tidak dapat dipastikan.

Oleh karena itu, pengertian perawan kembali lagi pada persepsi Anda. Ada yang menganggap kalau selaput dara sudah robek –apapun penyebabnya, tetap dinyatakan tidak perawan. Namun ada pula orang yang beranggapan bahwa jika seorang wanita belum pernah berhubungan seksual –meski himennya sudah tidak utuh lagi– ia tetaplah seorang perawan. 

Tanda yang paling mudah untuk mengetahui apakah masih intak atau tidak selaput dara anda, apakah anda pernah mengalami rasa nyeri dan muncul darah yang banyak ketika anda memasukan jari anda ? Apabila, kemungkinan selaput dara anda menjadi robek ketika memasukan jari. Sebaiknya anda periksakan diri anda ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk dilakukan pengecekan. 

Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar selaput dara, Semoga bermanfaat

    0 Komentar

    Belum ada komentar