Sukses

Apakah Keputihan pertanda Kanker?

24 May 2017, 11:41 WIB
Pria, 20 tahun.

Dok says mengalamin keputihan fatal, berbau saya sudah konsultan sama footer kulit katanya cuma iritasi jamur saja tapi says takut dok terkena penyakit kanker karna dulu saya pernah berhubungan seks bebas sama pria lain

Terima kasih telah bertanya tentang keputihan dan kanker melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluhan Anda mengenai keputihan dan kanker pasti sangat mengganggu Anda.

Keputihan dapat dibagi menjadi normal dan abnormal. Biasanya keputihan abnormal adalah pertanda infeksi organ reproduksi. Berbeda dengan kanker. Gejala dan keluhan yang berkaitan dengan kanker serviks umumnya muncul bila telah berada pada stadium yang lebih lanjut.

Gejala-gejala yang perlu diwaspadai tersebut antara lain: Keputihan kronik yang berbau dan bercampur darah. Perdarahan yang terjadi di luar masa menstruasi. Periode menstruasi yang terjadi lebih berat dan lebih lama daripada biasanya.

Perdarahan yang terjadi setelah masa menopause. Perdarahan yang terjadi setelah melakukan hubungan seksual. Perdarahan yang terjadi setelah pemeriksaan panggul atau pembersihan vagina (douching). Nyeri di daerah panggul. Nyeri saat melakukan hubungan seksual. Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan penyebabnya. Penting untuk melakukan pemeriksaan pada daerah serviks secara rutin jika Anda sudah aktif secara seksual. Kapankah pap smear terakhir Anda? Secara umum, Pap smear dapat dilakukan 1 tahun sekali sebagai tindakan skrining atau Anda juga dapat mempertimbangkan vaksin HPV untuk perlindungan.

Kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi langsung dengan Dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda agar dapat dilakukan pemeriksaan lengkap dan tata laksana yang optimal.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan mengenai keputihan dan kanker. Semoga bermanfaat. Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar