Sukses

Efek Kaporit Terhadap Kesehatan

24 May 2017, 09:34 WIB
Wanita, 19 tahun.

Dok, bagaimana jika dosis kaporit yg dimasukkan dalam sumur bor berlebihan? Padahal itu digunakan untuk sehari-hari. Apakah bisa menyebabkan kanker? Dan bagaimana solusinya? Terimakasih.

Terima kasih telah menggunakan fitur TanyaDokter KlikDokter.

Kaporit, atau kalsium hipoklorit, memang merupakan salah satu alternatif metode disinfeksi/pemurnian air yang umum digunakan terutama pada keadaan darurat. Kaporit sering digunakan untuk memurnikan sair saat sedang berada dalam keadaan survival bencana atau pengungsian. Sebagai metode disinfeksi, kaporit merupakan bahan yang cukup aman untuk digunakan. namun bagimanapun, mencampurkan bahan kimia ke dalam air yang dikonsumsi tentu memiliki kemungkinan efek samping.

Produk buangan hasil disinfeksi dengan kaporit dikatakan dapat bersifat karsinogenik (menyebabkan kanker), meskipun harus dalam jumlah tertentu. Sejauh metode pemurnian air menggunakan kaporit dilakukan dengan benar sesuai dengan prosedur yang dianjurkan, air tersebut seharusnya dikataka cukup aman untuk dikonsumsi. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar