Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

Ukuran Testis

24 May 2017, 07:31 WIB
Pria, 30 tahun.

Dok saya mau bertanya, jika testis besar sebalah/kecil sebelah tapi perbedaanya tidak terlalu jauh, pertanyaannya apakah masih normal, apakah dapat mempengaruhi terhadap perkembangan penis atau tidak soalnya ukuran penisnya kecil, dan apakah hal tersebut juga dapat menyebabkan ejakulasi dini?

Terima kasih telah bertanya seputar ukuran testis menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Sejak kapan keluhan dirasakan? Apakah ada benjolan di daerah selangkangan? Apakah ukuran testis yang membesar tersebut semakin besar, hilang timbul, atau sama saja sejak pertama Anda melihat perbedaannya? Apakah ukuran bertambah saat Anda batuk atau mengedan? Apakah ada keluhan lain seperti nyeri buang air kecil, testis berwarna kemerahan, demam, gangguan buang air kecil, gangguan buang air besar?

Perlu diketahui sebelumnya bahwa struktur anatomi tubuh manusia memiliki beberapa variasi bentuk yang normal ditemukan. Dalam satu individu sekalipun, variasi ini dapat ditemukan seperti testis kiri tampak lebih turun dibandingkan yang kanan pada laki-laki, atau payudara kiri tampak lebih besar dibandingkan kanan pada perempuan. Selama perbedaan ini tidak mencolok (< 50% antara sisi kanan dengan sisi kiri), maka kondisi ini dapat dikatakan normal.

Perlu juga diperhatikan konsistensi dari testis Anda, apakah semakin membesar dan teraba keras. Apakah makin terlihat besar pada waktu Anda mengedan atau batuk dan lain sebagainya. Ukuran testis/skrotum yang membesar juga bisa disebabkan oleh hernia skortalis atau varikokel.

Sayang informasi yang Anda berikan masih sangat terbatas, sehingga sulit untuk menentukan penyebab pasti dari keluhan yang Anda alami saat ini. Bila keluhan yang anda rasakan dirasa sangat menghawatirkan ada baiknya anda memeriksakan diri ke dokter.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar