Sukses

Puting Lecet pada Ibu Menyusui

24 May 2017, 04:21 WIB
Wanita, 24 tahun.

Selamat pagi dok..saya mau tanya..saya adalah busui..anak saya umur 2bulan..kenapa ya dok akhir2 ini setiap menyusui kok puting saya mengeluarkan darah dan lecet.... Mohon informasinya dom... Terima kasih....

Terimakasih telah bertanya seputar puting lecet pada ibu menyusui melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kondisi Anda.

Pada ibu menyusui, lecetnya puting disebabkan oleh posisi menyusui yang salah, tidak sempurnanya perlekatan antara mulut bayi dengan puting ibu atau karena gigitan bayi bila sudah tumbuh gigi.

Lecet pada puting/areola ini kemudian bisa mengalami infeksi akibat kuman dari mulut bayi maupun dari kuman yang ada di kulit payudara Anda. Ini harus dicegah agar tidak terjadi mastitis (peradangan/infeksi payudara yang sesungguhnya) yang ditandai dengan puting bengkak, kemerahan, nyeri, dan ada demam.

Untuk mencegah infeksi pada puting lecet, ikuti langkah berikut ini:

  • Biasakanlah untuk menjaga kebersihan daerah puting payudara Anda. Bersihkan puting sebelum dan usai menyusui.
  • Jangan menghentikan pemberian ASI pada bayi Anda jika terjadi puting lecet, karena tidak keluarnya ASI dapat memperparah peradangan yang terjadi.
  • Dapat pula diberikan salep lanolin murni untuk membantu proses penyembuhan lecetnya puting tersebut. Salep dapat diberikan saat ibu sedang tidak menyusui. Jika tiba saatnya untuk menyusui jangan lupa untuk membersihkan terlebih dahulu puting ibu supaya salep yang terdapat pada puting tidak tertelan oleh bayi.

Baca juga: Solusi Puting Lecet Karena Menyusui.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar puting lecet pada ibu menyusui. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam sehat,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar