Sukses

Pemulihan Pasca Patah Tulang Selangka

24 May 2017, 04:20 WIB
Pria, 17 tahun.

Hai dok Saya ingin bertanya,sekitar sebulan yang lalu saya mengalami kecelakaan. Sehingga membuat tulang klavikula saya menjadi patah. Saya telah melakukan rontgen, dan hasilnya dokter mengatakan bahwa tulang klavikula saya patah dalam keadaan posisi yang sudah sejajar, jadi saya cukup diberikan obat pereda rasa sakit dan obat penumbuh tulang, dalam waktu 4 minggu saya sudah bisa melakukan aktivitas seperti biasanya. setelah 4 minggu berlangsung saya merasakan bahwa tulang sayang sudah bisa bergerak bebas. Namun saya melihat terdapat benjolan kecil di bagian yang patah,dan seperti bahu saya yang sebelah kiri lebih condong kedepan. Saya merasakan perbedaan antara bahu kanan dan bahu kiri saya. Saya sempat browsing,dan ada yang mengatakan bahwa telah terjadi pertumbuhan tulang mal-union. Apakah betul dok,bahwa tulang saya mengalami mal-union atau apakah ini kejadian yang normal-normal saja saat patah tulang klavikula? Terimakasih dok

Terimakasih telah bertanya tentang penyembuhan patah tulang melalui fitur Tanya Dokter.

Yang Anda alami ialah patah tulang selangka/klavikula. Klavikula merupakan tulang panjang dan sebagian besar patahan tulang terjadi pada bagian tengah tulang tersebut. Patah tulang selangka, memang paling sering disebabkan akibat terjatuh dan bertumpu pada bahu atau lengan yang terbentang.

Pada kasus Anda, patahan sudah dalam posisi sejajar dan sepertinya tidak ada fragmen-fragmen kecil tulang sehingga tidak memerlukan pembedahan. Bila seperti ini, terapinya cukup dengan:

  • Penggunaan Arm Support berupa arm sling.
  • Obat antiyeri 
  • Fisioterapi. Ketika Anda menggunakan sling, kekuatan otot bahu Anda akan berkurang sebab lengan relatif jarang digunakan. Ketika tulang-tulang mulai menyembuh, nyeri akan berkurang dan Andan dapat melatih bahu dan siku dengan gerakan-gerakan ringan. Gerakan-gerakan ini akan mencegah kekakuan dan kelemahan otot. 
  • Kunjungan lanjutan dengan dokter secara rutin, termasuk pemeriksaan rontgen ulang untuk memastikan penyembuhan tulang pada tempatnya.

Baik terapi operasi maupun tanpa operasi untuk patah tulang selangka ini, penyembuhannya memakan waktu berbulan-bulan. Kurang lebih tulang akan menyembuh secara sempurna setelah 3 bulan. Saat ini, yaitu 4 minggu setelahnya memang wajar terjadi sedikit tonjolan pada tempat patahan, itu dikarenakan tulang sedang dalam proses menyambungkan dirinya. Ketika penyatuan sudah baik, penonjolan ini akan hilang dengan sendirinya. Biasanya setelah 2 bulan akan mulai terasa.

Tulang selangka yang patah dapat pulih sempurna. Sebagian besar orang dapat kembali melakukan aktivitas normal dalam 3 bulan setelah cedera yang dialami. Selalu diskusikan dengan dokter Anda kapan waktu yang tepat bagi Anda untuk beraktivitas normal. Bila penyembuhan belum sempurna dan sudah dipakai untuk beraktivitas normal, ada risiko patah kembali atau fragmen patahan tulang akan berubah tempatnya. Hal ini akan membuat Anda harus mengulang kembali seluruh pengobatan dari awal. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar pemulihan patah tulang. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar