Sukses

Minum Jamu Pelancar Haid Saat Hamil

24 May 2017, 02:24 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok sy mw tanyak. Sy sedang hamil dan mengetahui kehamilan saya setelah 3 bulan. Tapi saya sebulan nya ada darah yg keluar sedikit , krn sy pikir darah haid jadi saya minum jamu pelancar haid. Namun setelah itu darah nya tidak keluar lagi. Setelah 3 bulan saya tes hasil positif dok. Pertanyaan nya apa jamu" plancar haid yg saya minum dpt mengganggu janin saya , sy takut jika janin sy tidak normal nanti nya.

Terima kasih telah bertanya tentang minum jamu pelancar haid saat hamil melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami menajwab pertanyaan Anda. Meminum jamu pada saat hamil memang tidak disarankan. Mengapa demikian? Meskipun jamu terbuat dari bahan herbal alami yang jauh lebih baik, lebih murah, dan lebih sehat daripada obat-obatan sintetis; akan tetapi para ahli kesehatan tidak menyarankan ibu-ibu hamil untuk mengkonsumsi jamu pada masa kehamilan karena tingkat keamanannya belum pernah diuji lewat penelitian klinis.

Tidak seperti obat-obatan resep, jamu berbahan dasar herbal tidak melalui proses pengecekan yang sama untuk mengetahui kualitas dan kekuatan obat yang dimiliki bahan herbal tersebut. Akibatnya, standar kualitas dan keefektifan jamu tidak pernah bisa sama antara satu produk dengan produk lain yang diproduksi pabrik berbeda. Hal ini akan merugikan ibu hamil karena tidak mengetahui resiko dan peringatan efek samping yang pasti dari jamu yang diminumnya.

Beberapa bahan herbal justru mengandung zat-zat yang dapat merugikan kehamilan. Beberapa jenis tanaman herbal ternyata mengandung zat aktif yang memicu keguguran, kelahiran prematur, kontraksi rahim, dan cidera pada janin. Namun demikian hal tersebut tentu tidak terjadi pada semua kehamilan. Untuk mengevaluasi ada tidakna efek jamu pada kehamilan Anda, ada baiknya Anda melakukan kontrol rutin kepada dokter spesialis kandungan. Dokter akan melakukan pemeriksaan langsung melalui usg untuk memantau perkembangan janin Anda. 

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan terkait minum jamu pelancar haid saat hamil. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar