Sukses

Mengatasi Sariawan Pada Anak

23 May 2017, 23:12 WIB
Pria, 45 tahun.

Dok... Kenapa anak saya, usia 5thn, sering sariawan, dan bgm untuk mengatasinya?

Terima kasih telah bertanya mengenai sariawan pada anak menggunakan fitur Tanya Dokter.

Sariawan memang merupakan suatu keluhan yang sering ditemukan pada anak dan sering timbul tanpa penyebab yang jelas. Sariawan sering kambuh di saat anak stress atau mengalami cedera ringan misal akibat menggosok gigi atau akibat tergigit. Nyeri pada sariawan ini dapat diatasi dengan berkumur larutan bikarbonat atau dengan mengoleskan dengan tipis obat yang mengadung triamcinolone acetonide, sebanyak 2-3x/hari.

Saat anak sariawan, mereka memang cenderung susah untuk makan karena rasa sakit yang dirasakannya, karena itu berilah anak makanan-makanan yang lunak dan dingin, dan berilah minum dengan sedotan agar cairan tidak mengenai bagian yang perih. Selain itu hindarilah makanan dan minuman yang mengandung asam, seperti jeruk atau jus buah-buahan dan makanan-makanan yang pedas.

Bila sariawan tidak sembuh dalam 10 hari atau timbul beberapa sariawan sekaligus, periksakanlah anak anda ke dokter spesialis anak, untuk dicari kemungkinan penyebabnya karena sariawan dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti menurunnya sistem imun (kekebalan tubuh), stress, trauma pada jaringan lunak dalam rongga mulut (seperti tergigit yang berulang-ulang), kurang nutrisi, atau disebabkan karena obat-obatan tertentu.

Karena dari informasi yang Anda sampaikan keluhan sudah berlangsung cukup lama, kami sangat menyarankan untuk berkonsultasi dengan dokter secara langsung guna dilakukan pemeriksaan fisis untuk menentukan penyebab dan penanganan yang sesuai.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai sariawan pada anak, semoga bermanfaat. Salam

0 Komentar

Belum ada komentar